Stok Menipis, PMI Jembrana Gelar Donor Darah Sukarela Setiap Minggu

  04 Februari 2024 KESEHATAN Jembrana

Ket poto : Warga antusias menyumbangkan darahnya saat PMI Jembrana adakan donor darah sukarela

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jembrana kini rutin menggelar donor darah sukarela setiap hari Minggu. Kegiatan ini dilakukan untuk mengamankan stok darah yang semakin hari semakin berkurang lantaran banyaknya pasien yang harus mendapatkan transpusi darah.

Kegiatan pertama donor darah sukarela ini dilaksanakan pada Minggu (28/1/2024) lalu dengan menggandeng PMR (palang merah remaja) dan mendapatkan 35 kantong darah. Kegiatan ini kembali diadakan pada Minggu (4/2/2024) pagi dengan puluhan peserta.

Sekretaris 1 PMI Jembrana I Ketut Sassu Budi Satwam mengatakan, kegiatan ini dilakukan mengingat banyaknya kebutuhan darah setiap harinya, sementara stok darah terkadang minim.

"Biasanya donor darah hanya dilaksanakan jika ada momen-momen tertentu dan kehadiran pendonor sukarena ke PMI/bank darah juga minim. Sehingga kami melakukan terobosan sehingga ketersediaan darah selalu aman. Jadi setiap minggu PMR di masing-masing sekolah bergiliran menjadi panitia donor darah," jelasnya.

Kegiatan donor darah sukarela ini dilaksanakan di areal skate park sebelah selatan kolam Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana. Selain partisipasi sekolah, PMI Jembrana juga berharap ada partisipasi pihak lainnya.

Kepala UPTD PMI Jembrana, dr Avatara menyampaikan terimakasih atas partisipasi siswa siswi/PMR dalam kegiatan donor darah sukarela rutin setiap hari Minggu.

"Untuk saat ini stok darah golongan A makin menipis. Untuk stok darah B, O dan AB masih aman. Namun harus tetap terjaga stoknya. Jadi jika stok aman ke depan kami berharap tidak ada lagi donor pengganti," jelasnya.

Salah seorang guru di SMKN 1 Negara, Indah, yang ikut menyumbangkan darahnya mengatakan kegiatan donor darah seperti ini perlu terus dilaksanakan. Selain untuk membantu sesama juga bagus untuk kesehatan sendiri. "Selain itu dengan digelar di areal CFD masyarakat selain bisa olah raga, kulineran juga bisa donor darah," pungkasnya. (BB)