Selamat Hari Lahir Pancasila, Togar Situmorang Harap Pahami dan Amalkan Seluruh Sila Dalam Pancasila

  01 Juni 2021 TOKOH Nasional

Advokat dan Pengamat Kebijakan Publik Togar Situmorang, S.H.,M.H.,M.AP.CLA.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jakarta. Hari lahir Pancasila selalu kita peringati sebagai hari bersejarah untuk bangsa Indonesia. Bukan saja karena Pancasila adalah sebagai lambang negara, juga karena sila dari Pancasila adalah sebagai dasar bagi seluruh bangsa Indonesia dalam menjalankan hak dan kewajibannya sebagai rakyat Indonesia.

Law Firm Togar Situmorang jalan Kemang Selatan Raya No.99, Gedung Piccadilly, ikut partisipasi bersama adakan Resepsi Insan Pancasila potong Tumpeng untuk 1 Juni Hari Lahir Pancasila pukul 10.00 WIB Perpustakaan Nasional RI JL.Merdeka Selatan No.11 Jakarta Pusat. 

Berbekal konsep hidup berbangsa dan bernegara yang salah satunya di dasarkan pada ke-5 sila dari Pancasila. Maka Advokat dan Pengamat Kebijakan Publik Togar Situmorang,SH.,MH.,MAP.,C.Med.,CLA sebagai bagian dari insan hukum yang ada di Indonesia, baginya Pancasila harga mati. 

Ia kembali menegaskan bahwa memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap  tanggal 1 Juni sebagai upaya untuk senantiasa mengingat sejarah kelahiran Pancasila. Memperingati Hari Lahir Pancasila yang kita jadikan sebagai dasar dan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Hal itu sebagai bentuk penghormatan kita bahwa rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan bagian dari proses pembelajaran yang terus-menerus untuk menghadapi permasalahan oleh bangsa Indonesia di hari ini dan kemudian hari.

Berbeda dari perayaan di tahun-tahun sebelumnya, sejak tahun 2020 lalu hingga 2021 tahun ini perayaan Hari Lahir Pancasila masih di warnai dengan adanya pandemi Covid yang masih terjadi di bumi tercinta Indonesia. Seperti kita ketahui bersama, bangsa Indonesia dan juga seluruh bangsa yang ada di dunia, saat ini sedang di landa pandemi Covid-19.

Hal ini merupakan bencana nasional yang juga di rasakan di seluruh dunia. Kondisi yang saat ini masih menjadi salah satu masalah utama Indonesia, bahwa dari hari ke hari, jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat signifikan. 

Bisa menjadi satu catatan  tersendiri bagi seluruh bangsa Indonesia, bahwa bersamaan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila kita ada baiknya memahami kembali sila-sila yang ada di dalam Pancasila khususnya sila ke-2 “Kemanusiaan yang adil dan beradab“ serta sila ke-5 Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan memahami dan memperingati Hari Lahir Pancasila semoga kita berharap kita semua makin bisa mengamalkan seluruh sila yang ada dalam Pancasila secara sempurna.  

"Kondisi seperti saat ini memang harus kita jalani, karena kita tidak bisa menghindar dari kondisi pandemi covid 19 seperti saat  ini,“ kata Advokat kondang ini. 

Tapi percayalah dibalik kesusahan, kesulitan dan musibah apapun, sebagai bangsa yang berfalsafah Pancasila, kita semua harus yakin pada Tuhan Yang Maha Kuasa, bahwa setelah ini jalan menuju kemudahan, kebangkitan dan kejayaan akan terwujud. 

Semangat Pancasila menjadi begitu penting untuk terus ditanamkan kepada seluruh komponen bangsa. Dan kita semua harus yakin bahwa dalam kesusahan akan timbul kemudahan, begitulah Advokat Kondang yang memiliki motto "Melayani bukan Dilayani" memberikan statemennya.  

"Kami dari Law Firm Togar Situmorang mengucapkan "Selamat Hari Lahirnya Pancasila" tutup CEO & Founder Law Firm “TOGAR SITUMORANG“ berkantor pusatnya di Jl. Tukad Citarum  No.5 A, Renon, Denpasar Selatan dan Jl. Kemang Selatan Raya No.99, Gedung Piccadilly,Jakarta serta Jl. Pengalengan Raya No.355, Bandung, Jawa Barat.(BB).