Ratusan Dus Surat Suara Pilpres Akhirnya Tiba di Jembrana

  20 Desember 2023 POLITIK Jembrana

Ket poto : Surat suara pilpres ditempatkan di gudang logistik KPU Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Kendaraan truk mengangkut Surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 tiba di Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jembrana, Bali, pada Rabu (20/7) dini hari.

Pemindahan surat suara dari Jakarta ke Bali dilakukan secara estafet dengan menggunakan dua kendaraan truk. Satu truk mengangkut surat suara untuk KPU Kabupaten Buleleng, dan satu truk lagi mengangkut surat suara untuk KPU Kabupaten Jembrana, Tabanan, Badung, Denpasar, Gianyar, Bangli, Karangasem, dan Klungkung.

Untuk KPU Kabupaten Jembrana, sebanyak 248.996 surat suara Pilpres, termasuk surat suara cadangan 2 persen per TPS dan seribu surat suara untuk pemungutan suara ulang atau PSU, dikemas dalam 126 kotak. Satu kotak berisi rata-rata dua ribu surat suara.

Rencananya, lipatan surat suara untuk surat suara Pilpres ini akan dilakukan mulai hari ini. KPU Kabupaten Jembrana menargetkan lipatan surat suara Pilpres ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan.

Ketua KPU Kabupaten Jembrana Ketut Adi Sanjaya membenarkan surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden telah datang di gudang auditorium jumlahnya 125 dus, 1 dus berisi 5.000 lembar surat suara. "Hari ini tepatnya tanggal 20 jam 02.00 pagi surat suara sudah datang, dan sebentar lagi sekitar pukul 08.00 wita kami akan melakukan lipatan surat suara. Jadi targetnya mudah-mudahan 3 hari sudah selesai," katanya.

Menurutnya, dalam proses lipatan surat suara Pilpres ini, Adi mengaku akan mengerahkan 40 orang tenaga. Selain proses lipatan, nantinya juga akan dilakukan penyortiran surat suara untuk mengetahui apakah ada surat suara yang rusak.

"Untuk surat-surat yang lain seperti DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, bagaimana ceritanya itu kita dapat jadwal di tanggal 29, 30, dan 31, dan pengiriman itu diperkirakan tanggal Januari 2024 dikirimnya dari Denpasar," tandasnya. (BB)