Lepas Ratusan Calon 'Pahlawan Devisa' Tenaga Kerja, Total Alumni Kaori Academy Center Capai 2.150 Orang

  10 Juni 2023 PENDIDIKAN Gianyar

Prosesi wisuda Graduation Angkatan 3 Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Kaori Academy Center (KAC) yang dilangsungkan di Taman Dedari Pita Maha Ubud, Gianyar, Sabtu (10/6/2023).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Kaori Academy Center (KAC) kembali melepas ratusan mahasiswa calon tenaga kerja ke luar negeri. Hebatnya, dari 136 calon tenaga kerja yang sudah lulus pelatihannya di KAC Cabang Lovina, Gianyar dan Negara ini sebagian sudah berada di Eropa. Hingga Graduation Angkatan 3 ini, total alumni LPK KAC yang didirikan sejak tahun 2022 hingga kini mencapai 2.150 orang.

Prosesi wisuda Graduation Angkatan 3 yang dilangsungkan di Taman Dedari Pita Maha Ubud, Gianyar, Sabtu (10/6/2023) ini tak dihadiri langsung oleh seluruh wisudawan. Hal itu karena pada akhir bulan Mei lalu, sejumlah lulusan LPK KAC yang sudah melewati masa pelatihannya sudah bertolak ke Prancis dan mereka sudah bisa dapatkan tujuan magang selama 6 bulan.

“15 alumni LPK KAC sudah di Prancis, mereka sudah mendapat pekerjaan di bidang hospitality sehingga tidak bisa mengikuti acara graduation ini dan pelepasan kali ini diwakilkan oleh orangtuanya,” kata Direktur LPK KAC yang juga Owner Kaori Group, Ni Kadek Winie Kaori Intan Mahkota, SE, MM. saat ditemui di sela-sela prosesi wisuda. 

Menurut Kaori, tema Graduation Angkatan 3 LPK KAC kali ini mengusung tema “Never Stop Learning”. Tema ini dipilih karena Kaori Academy Center konsisten memberi motivasi bahwa tidak ada waktu terlambat untuk belajar, dan tidak ada yang berhenti belajar karena faktor usia. 

LPK KAC menggembleng para calon tenaga kerja selama 3 bulan untuk nantinya siap bekerja di luar negeri sesuai bidang yang diminati dan ditekuni. Saat ini, kata Kaori, masih tetap belajar dan senantiasa terus belajar yakni belajar dari kehidupan, belajar dari proses dan belajar dari alam semesta.

“Terima kasih untuk semua orang tua, masyarakat, dan kandidat yang sudah setia dan tetap tidak menyerah di tengah jalan untuk mereka mencapai tujuan negara masing-masing,” ucap pengusaha mudah berparas cantik tersebut.

Lebih jauh Kaori menjelaskan para siswa LPK KAC berusia antara 18-40 tahun dan program yang dipilih disesuaikan dengan umurnya. Para siswa LPK KAC ini punya tujuan ke beberapa negara seperti Eropa dan Benua Australia. Setelah lulus pendidikan, mereka melalui lembaga pengiriman tenaga kerja akan diberangkatkan sesuai negara tujuan. Untuk biaya pemberangkatan didukung penuh oleh Koperasi Sahabat Kaori Jaya bekerja sama dengan konsorsium BPR. 

Kaori menambahkan minat warga bekerja di luar negeri sangat tinggi karena penghasilannya besar dan peluangnya juga terbuka lebar. “Kita berikan motivasi, tidak ada waktu terlambat untuk belajar, tidak ada yang berhenti belajar. Terus belajar dari kehidupan, proses dan alam semesta,” pesan Kaori didampingi sang suami, Putu Pasek Sandoz Prawirottama selaku Komisaris Utama Kaori Group.

Output dari pelatihan di KAC ini tentunya memiliki program-program menarik baik di agriculture, hospitality, krn general english sebagai poin pembelajaran utama di KAC ini sangat dibutuhkan di berbagai bidang program studi. “Output dari rekomendasi kami ada di Eropa, seperti Prancis, Slovakia, Polandia dan Australia. Lebih banyak di Eropa dan Australia,” ungkapnya.

Foto: Direktur LPK KAC yang juga Owner Kaori Group, Ni Kadek Winie Kaori Intan Mahkota, SE, MM. 

Kaori berharap kepada lulusan KAC, bahwa tujuan dan tekad harus difokuskan untuk memilih sebuah program dimana pun itu karena tiap negara memiliki syarat dan ketentuan ada yang memang memiliki waktu cukup lama, ada pula yang singkat. 

"Disinilah peran dosen, orang tua, untuk saling mengingatkan, saling support dan ‘never stop learning’ -tidak ada yang berhenti belajar. Menunggu itu adalah sebuah proses yang membutuhkan kesabaran," jelas Kaori.

KAC tetap memberikan motivasi yang terbaik bagi mereka yang tetap berproses dan tentunya mereka akan belajar pemahaman tentang skill, pemahaman tentang etos budaya kerja di suatu negara mana yang baik mana yang tidak baik dilakukan di negara tersebut. Lulusan LPK KAC selain pembelajaran pelatihan soft skill, hard skill, mereka juga dibekali pendidikan karakter. 

Selama bergabung di LPK KAC, mereka dididik etika, sopan santun, dan taat budaya serta budi pekerti luhur. Jadi tidak hanya pintar di otak saja. “Pintar saja tidak cukup, attitude yang baik itu penting, karena tentunya di mana pun kita berada attitude is number one,” saran Kaori.

Pemberangkatan menjadi pahlawan devisa itu sendiri berkat kerja sama dengan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran (P3MI) dan Dinas Tenaga Kerja. “Kami yang menyiapkan para siswa agar memiliki skill dan kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Tak lupa juga kesiapan mental,” tegas Kaori.

Kaori mengaku sebelumnya sebanyak 7 alumnus juga sudah bertolak ke Australia. Mereka lulus visa working dan sudah menyelesaikan menempuh International English Language Testing System (IELTS) berkat gemblengan LPK KAC. Tiap siswa LPK KAC sendiri memiliki kesempatan menuju tujuh negara. Australia, Selandia Baru dan Prancis sendiri menjadi favorit.

“Tujuh alumnus sudah berada di Sydney dan Melbourne berkat dukungan stakeholder, manajemen, dan pemerintah. Kami adalah LPK general Inggris. Pilihan negara (tujuan) banyak. Satu kali pelatihan bisa pilih 7 sampai 10 tujuan negara. Tapi untuk mecapai keberhasilan tak cukup hanya berbahasa Inggris yang baik, melainkan memperhatikan attitude. Upgrade your attitude, kalau jeblok rezeki kita yang turun,” pesan Kaori.

Sementara, graduation kali ini juga dirangkai dengan Launching Program Deposito Berhadiah Koperasi Sahabat Kaori Jaya. Selain memberi bunga menarik, Program Deposito Berhadiah Koperasi Sahabat Kaori Jaya juga memberi hadiah seperti rumah, mobil, sepeda motor dan tour 3 negara. Untuk mendapat peluang tersebut, peserta cukup menabung Rp300 ribu per bulan atau hanya Rp10 ribu per hari, sudah bisa mengikuti undian ini.

Selain LPK KAC juga memiliki beberapa unit bisnis lainnya yang bernaung dibawah Kaori Group. Kaori Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang ekspor dan impor produk lokal Bali. Kaori Group memiliki anak perusahaan yakni Kaori Academy Center, Dupa Pasupati Kaori, AMDK Air Kaori, Beras Kaori, Pom Migo Kaori, dan Koperasi Sahabat Kaori Jaya.(BB).