Dukcapil Jembrana Jemput Bola Rekam KTP-el Warga Disabilitas

  19 Januari 2024 POLITIK Jembrana

Ket poto : salah satu warga disabilitas mengikuti perekaman KTP-el di Desa Pengambengan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Jembrana, Bali, melakukan jemput bola perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, pada Rabu (19/1). Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah warga tidak bisa memilih saat Pemilu 2024 karena tidak memiliki KTP-el.

Salah satu warga yang mengikuti perekaman KTP-el adalah Iman, seorang penyandang disabilitas yang berusia 18 tahun. Iman datang ke kantor desa dengan diantar oleh ibunya. Dinas Dukcapil Jembrana memfasilitasi kendaraan antar jemput bagi Iman agar bisa mengikuti perekaman KTP-el.

Kepala Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan (PAK) Dukcapil Jembrana, I Komang Sujana, mengatakan bahwa kegiatan jemput bola perekaman KTP-el ini juga dilakukan untuk mengantisipasi warga tidak bisa menyalurkan hak pilihnya saat Pilkada 14 Februari 2024.

"Selain dalam hal percepatan pelayanan, kita juga membantu warga untuk memperoleh KTP-el. Terkait dengan situasi sekarang apalagi jelang pemilu agar semua masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya," ucapnya.

Kegiatan jemput bola perekaman KTP-el ini mendapat pengawasan ketat dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jembrana. Ketua Bawaslu Jembrana, Made Widiastra, menyambut baik upaya Dukcapil Jembrana dalam perekaman KTP-el kepada masyarakat.

"Pertama kita ketahui bahwa pemilu ini adalah tanggung jawab semua pihak di Jembrana khususnya dan tentu kita menyambut baik upaya Dukcapil dalam perekaman KTP elektronik kepada masyarakat yang ada di Jembrana," katanya.

Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jembrana, terdapat 27 warga di Desa Pengambengan yang belum perekaman KTP-el namun sudah terdaftar di DPT. Namun, saat perekaman KTP-el hari ini, sebanyak 24 warga di luar data KPU Jembrana juga mengikuti perekaman KTP-el.

Dukcapil Jembrana mengaku akan terus berupaya menyisir warga yang sudah memiliki hak pilih namun tidak memiliki KTP agar melakukan perekaman KTP-el agar saat Pemilu nanti mereka bisa menyalurkan hak pilihnya. (BB)