Dana Hibah Bansos Masyarakat Beku, Pemkab Gianyar Cairkan Hibah 15 M dan Mobil Mewah ke Polda Bali

  05 Januari 2024 EKONOMI Gianyar

Ilustrasi

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Santer berembus di masyarakat bahwa Pemerintah Kabupaten Gianyar akan memberikan bantuan dana hibah dengan nilai yang fantastis sebesar Rp15 milyar dan 1 unit mobil mewah kepada pihak Kepolisian Daerah Provinsi Bali. Kabar tersebut santer di kalangan masyarakat dikala hibah berupa Bansos yang difasilitasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gianyar untuk masyarakat pemohon bantuan masih banyak yang belum terealisasi. 

Terkait isu tak sedap tersebut, salah satu anggota DPRD dari Partai Demokrat Ida Bagus Gaga Adi Saputra yang juga menjadi Wakil Ketua DPRD Gianyar mengaku kaget dan tidak mengetahui tentang hal memalukan tersebut. 

"Ah masak? Setahu saya, beberapa kali saya ikut rapat kerja dengan PJ Bupati dan jajarannya, blm pernah dibahas masalah itu. Coba konfirmasi ke PJ Bupati saya memang nggak tahu," kata politisi yang akrab disapa Gus Gaga. 

Ketua LSM Garda Tipikor Kabupaten Gianyar Pande Mangku Rata mengatakan selama dibungkus dengan instrumen atau aturan yang berlaku sah-sah saja dengan wacana Pemkab Gianyar akan memberikan bantuan dana hibah sebesar 15 milyar dengan 1 unit mobil Fortuner ke Polda Bali.

"Tentu harapannya, hibah tersebut agar dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan Polda dan tidak ada muatan apapun. Namun demikian, Pemkab alangkah eloknya, jikalau Bansos untuk masyarakat menjadi skala prioritas sesuai dengan azas berkeadilan, sehingga Gianyar yang kita cintai tentram dan damai," harap Mangku. 

Ketika media mengkonfirmasi terkait dana hibah dengan 1 unit mobil mewah kepada Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Gianyar, Dewa Merta hanya menjawab dengan singkat. "Terkait hal itu, silahkan langsung konfirmasi kepada ketua TAPD Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gianyar dan Pj Bupati Gianyar," ucapnya. 

Ketika media mencoba mengkonfirmasi Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa juga menjawab singkat melalui pesan WhatsApp kepada media. "Coba konfirmasi ke BPKAD ya, saya tidak hafal terkait hibahnya," dalihnya.

Sementara, Kabid Humas Polda Bali KBP Jansen Avitus Panjaitan mengatakan dirinya mengaku justru baru mendengarnya dan berjanji akan mengeceknya terlebih dahulu.

"Saya sendiri baru dengar nih. Saya akan cek dulu tapi, seandainya itupun benar kenapa harus jadi ramai, khan untuk Polri sendiri. Tugas Polri khan untuk Kamtibmas, apalagi sesuai dengan prosedur," jawab KBP Jansen.

Dana hibah bansos dari Pemkab Gianyar yang jumlahnya mengejutkan tersebut menjadi ramai ditengah masyarakat yang telah sabar menunggu lama hibah bansos namun terpaksa gigit jari. Sementara disatu sisi Pemkab Gianyar justru memprioritas ke institusi dengan mengucurkan hibah bansos ditengah Kepolisian Daerah Bali (Polda Bali) yang tengah menyelidiki sejumlah kasus korupsi dan telah memeriksa pihak terkait yang terlibat dan baru-baru ini memanggil mantan Gubernur Bali I Wayan Koster untuk dimintai klarifikasi.(BB).