Bermodal Tangan Kosong, Nelayan Nekat Curi Barang Berharga di Jok Motor

  24 November 2023 HUKUM & KRIMINAL Jembrana

Ket poto : Pelaku praktekan cara mencuri barang berharga di jok sepeda motor

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Manfaatkan situasi sepeda motor sedang parker di Pelabuhan Nusantara Pengambengan, Desa Pengambengan, Jembrana, seorang nelayan bernama I Kade Hendrawan 29 tahun nekat mencokel jok motor dengan tangan untuk mengambil barang berharga. Atas aksinya tersebut dan laporan dari para nelayan, pelaku berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres Jembrana pada Selasa (21/11/2023).

Kasat Reskrim Polres Jembrana, AKP Agus Riwayanto Diputra saat jumpa pers di Mako Polres Jembrana mengatakan, penangkapan pelaku bermula dari warga Pegambengan pada 17 November 2023. Dalam laporan tersebut, korban mengaku kehilangan barang-barang berharga di dalam jok sepeda motornya yang terparkir di Pelabuhan Nusantara Pengambengan.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, pelaku telah melakukan pencurian di areal PPN Pengambengan sebanyak empat kali," jelasnya. Jumat (24/11/2023).

Menurutnya, modus operandi pelaku adalah dengan menarik jok sepeda motor yang terparkir di areal pelabuhan. Setelah jok terbuka, pelaku kemudian mengambil barang-barang berharga yang ada di dalamnya. "Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengakui telah mengambil barang-barang berharga berupa tas pinggang, handphone, dan uang tunai dari sepeda motor para korbannya," ucap Agus.

Barang-barang hasil curian tersebut, lanjut Agus, dijual oleh pelaku untuk mendapatkan uang. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun.

"Pelaku merupakan residivis dalam kasus yang sama. Sebelumnya, pelaku pernah ditangkap dan dihukum selama 9 bulan penjara. Setelah bebas, tersangka ini kembali melakukan aksinya," bebernya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dan tidak meninggalkan barang-barang berharga di tempat yang mudah dijangkau oleh orang lain. Dirinya juga meminta kepada masyarakat agar segera melapor ke polisi jika menjadi korban pencurian.

"Pelaku ini memang sering memantau areal parkir di sekitar wilayah Pelabuhan sesuai rekaman kamera pengawas atau CCTV yang kami dapatkan. Jadi kami imbau kepada warga untuk tidak menaruh barang-barang berharga di jok motor," pungkasnya. (BB)