Anak Usia 6 Tahun, Lihai Mainkan Gambelan Gong Bali Dengan Merdu

Ket poto : I Komang Daffin Rafrinda Gama sedang ikut berlatih megambel dengan Seke Gong Lila Winangun

Baliberkarya.com – Jembrana. Bak seorang pria dewasa, seorang bocah yang berumur 6 tahun dengan lihai dan merdu memainkan alat music Bali (Gong) yang biasa digunakan saat upacara keagamaan umat Hindu. Bocah tersebut bernama I Komang Daffin Rafrinda Gama yang bertempat tinggal di Banjar Adat Pangkung Tanah Kangin Desa Melaya Jembrana.

Anak yang baru kelas 1 SD tersebut juga ikut dalam seke yang diberi nama Seke Gong Lila Winangun. Dengan adanya semangat dari anak tersebut yang ikut berlatih megambel bisa memotivasi anak sebanyanya, jarang anak seusianya ada yang mau belajar melatih diri untuk bisa memainkan alat gamelan.

Salah satu warga yang sebagai pelatih gong bernama I Nyoman Sukadana mengatakan, Dengan adanya anak-anak yang ikut berlatih megambel, ini sebagai motivasi kepada anak lainnya agar ikut berlatih megambel. pihaknya rutin berlatih setiap 1 minggu sekali.

“Di Jaman teknologi yang sudah modern seperti sekarang memang jarang anak-anak mau berlatih megambel. Saya sangat berharap anak-anak muda supaya bisa aktif berlatih dan tentunya ada bimbingan dari kami,” terangnya. Kamis (25/11/2021).

Sementara ayah Gaffin bernama I Nyoman Sumantra Gama mengatakan, putranya sudah 2 tahun sudah mulai mau belajar megambel, awalnya dia belajar bersama teman-temanya di seke gong.

“Mungkin sudah kelahirannya sebagai seni, setiap saya latihan megambel, anak saya mengganggu terus minta alat pemukul gambelan, sehingga saya membiarkan dirinya ikut megambel sehingga menjadi sepeti sekarang ini,” ucapnya.

Saat ditanya awak media I Komang Daffin Rafrinda Gama selain ingin menjadi penabuh, dirinya juga bercita-cita menjadi Polisi. “Saya senang megambel dan bangga ditonton banyak orang. Saya ini meneruskan kesenian musik Bali ini,” tutupnya.


TAGS :

Komentar