Walikota Jaya Negara Ngayah Topeng Wali di Banjar Pelagan

  23 April 2024 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Ket. Foto : Walikota Jaya Negara dalam kesempatan Ngayah Topeng Wali pada pelaksanaan Karya Rsi Gana, Padudusan Alit, dan Nyatur di Pura Dalem Puri, Banjar Adat Pelagan, Desa Adat Penatih Puri, Kelurahan Penatih, Kecamatan Denpasar Timur, Selasa (23/4).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Karya Rsi Gana, Padudusan Alit, dan Nyatur, Pura Dalem Puri, Banjar Adat Pelagan, Desa Adat Penatih Puri, Kelurahan Penatih, Kecamatan Denpasar Timur, Selasa (23/4).

Pelaksanaan karya yang juga bertepatan dengan Kajeng Kliwon, Anggara Kasih,  Purnama Jiyestha,  Wuku Tambir, yang dipuput Ida Pedanda Geria Kutri, Singapadu. Tampak dihadiri Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati, Bendesa Adat Penatih Puri, I Gusti Ngurah Gede Marhaendra Jaya, Lurah Penatih, I Wayan Murda, dan tokoh masyarakat banjar setempat.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Jaya Negara yang hadir didampingi Ketua TP. PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara juga melaksanakan Ngayah Nopeng Wali dan diakhiri dengan persembahyangan bersama. 

"Kami merasa bersyukur dapat turut serta hadir dan melaksanakan Ngayah Nopeng Wali serta melaksanakan persembahyangan bersama," ujar Walikota Jaya Negara disela-sela pelaksanaan karya. 

Lebih lanjut Walikota Jaya Negara menyampaikan, pelaksanaan Karya Rsi Gana, Padudusan Alit  dan Nyatur di Pura Dalem Puri, Banjar Adat Pelagan, Desa Adat Penatih Puri, untuk memberikan penghormatan kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa. Serta untuk mendatangkan keberkahan dan keselamatan bagi seluruh masyarakat.

"Pelaksanaan pujawali diharapkan dapat memperoleh berkah  mendatangkan kerahayuan bersama dalam balutan Vasudhaiva Kutumbakam yakni, menyama braya, menguatkan ikatan sosial antar komunitas, serta menjaga kelestarian budaya dan tradisi Bali, selain itu, pujawali juga diharapkan dapat membawa kesejahteraan dan keharmonisan bagi seluruh masyarakat," ujarnya. 

Sementara Kelian Adat, Banjar Adat Pelagan, I Ketut Sarjana menyampaikan, pelaksanaan kali ini bertepatan dengan Purnama Sasih Jiyestha dengan pelaksaan Karya Rsi Gana, Padudusan Alit, dan Nyatur. 

Pelaksanaan karya telah berlangsung sejak sore yang dilaksanakan juga penampilan tari Wali, yakni Rejang Dewa dan Baris Gede. Di samping itu juga Walikota Jaya Negara melaksanakan Ngayah Topeng Wali.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Walikota Jaya Negara dan melaksanakan Ngayah Topeng Wali, serta kepada seluruh warga yang telah bersama-sama melaksanakan pujawali dalam kebersamaan rasa menyama braya," ujarnya. (Rls/BB)