Terobosan Baru! Begini Cara Obati Luka Sariawan Tanpa Rasa Perih

  21 Desember 2016 KESEHATAN Nasional

ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Sakit sariawan cukup menggangu aktifitas sehari-hari, terutama ketika hendak makan. Namun kemajuan teknologi telah menghasilkan terobosan baru dibidang medis, khususnya mengenai obat sariawan.
 
Kini masyarakat dapat menggunakan obat sakit sariawan tanpa rasa perih berupa Plester Sariawan yang ditemukan Ulceloocin. Obat ini diklaim efektif, tanpa rasa perih, dan aman. Saat kontak dengan cairan luka maka plester akan berubah menjadi gel yang melekat kuat di tempat luka. Sehingga saat itu juga tidak terasa perih lagi.
 
Plester Sariawan merupakan hydrogel kering yang tidak mengandung bahan tambahan lain ataupun obat. Sangat aman bila plester tersebut tertelan. Plester ini bisa digunakan orang dewasa maupun anak-anak, dan telah direkomendasikan oleh dokter gigi.
 
Menurut Rahmi Amtha, dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, bersama timnya, Marcia dan Anggia Irma Aninda, yang telah melakukan penelitian terhadap Plester Sariawan, didapatkan kesimpulan bahwa Plester Sariawan aman dam ampuh digunakan untuk sariawan.
 
"Kami telah melakukan penelitian terhadap Plester Sariawan. Ini sesuatu yang baru dan dapat menjadi pilihan alternatif pengobatan sariawan. Plester sariawan memiliki kemampuan bersifat covering agent. Saat ini masih belum terlalu banyak bahan atau obat yang bisa mengurangi rasa sakit melalui kemampuannya dalam memproteksi lesi dengan baik," kata Rahmi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.
 
Mengapa demikian, ujar Rahmi, karena salah satu prinsip dasar mengobati sariawan adalah obat atau bahan yang dipakai harus mampu bersifat covering agent, sehingga memberikan kesempatan pada jaringan luka/sariawan untuk beregenerasi dan akhirnya menyembuh. 
 
"Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa daya cengekram obat ini, sangat baik dan tidak ada perbedaan bermakna dengan penggunaan obat jenis orabase," Rahmi, menambahkan.
 
Cara penggunaan Plester Sariawan pun cukup mudah. Tinggal menempelkan plester tersebut pada bagian yang luka (dalam keadaaan basah terbilas oleh air liur) sebelum makan. Tunggu sampai empat hari, luka akan sembuh dan atau membaik. 
 
Sariawan klasik (bukan dilatarbelakangi oleh faktor sistemik atau lainnya) akan sembuh dalam waktu 1-2 minggu. Namun jika dalam waktu tersebut belum juga sembuh, maka disarankan untuk segera memeriksakan luka tersebut ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.(BB/inilah).