Ringankan Beban Warga, Agung Rai Wirajaya Kucurkan 2.000 Paket Sembako PSBI Sambut Pagerwesi

  22 Mei 2023 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Yayasan Adisti Raditya Wrehatnala difasilitasi Anggota DPR RI Komisi XI, I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) menggelar acara penyerahan bantuan sembako Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di Wantilan Pura Dalem, Desa Adat Yangbatu, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Senin (22/5/2023).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Sebanyak 2.000 paket sembako dikucurkan dalam rangka menyambut hari keagamaan Hindu yakni Hari Raya Pagerwesi yang jatuh pada Rabu (24/5/2023) dimana Yayasan Adisti Raditya Wrehatnala difasilitasi Anggota DPR RI Komisi XI, I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) menggelar acara penyerahan bantuan sembako Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di Wantilan Pura Dalem, Desa Adat Yangbatu, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Senin (22/5/2023). 

Ketua Yayasan Adisti Raditya Wrehatnala, Anak Agung Istri Paramita Dewi (APD) yang akrab disapa Gung Mita menyampaikan kegiatan ini terlaksana sebagai tindak lanjut dari direalisasikannya proposal permohonan bantuan peringatan hari keagamaan dalam rangka Hari Raya Pagerwesi tahun 2023 dari Yayasan Adisti Raditya Wrehatnala kepada Bank Indonesia (BI) melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

"Penyerahan secara simbolis bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui lembaga atau kelompok masyarakat (Pokmas) yang akan diserahkan sebanyak 2.000 paket dan tersebar di wilayah 4 kecamatan yang ada di Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Tabanan," kata Gung Mita yang dikenal sebagai tokoh perempuan sangat getol membantu masyarakat lewat aksi-aksi sosialnya.

Pada tahap awal secara simbolis didistribusikan 1.000 paket sembako kepada lembaga atau kelompok masyarakat, diantaranya kepada Yayasan Adisti Raditya Wrehatnala 120 paket sembako, Desa Adat Yangbatu Kecamatan Denpasar Timur (100), Baga Utsaha Padruwen Desa Adat Yangbatu (100), Sekehe Pesantian Hyang Sila Swara Br. Yangbatu Kauh Desa Dangin Puri Kelod Kecamatan Denpasar Timur (70), Desa Dangin Puri Kelod Kecamatan Denpasar Timur (50), TP PKK Desa Dangin Puri Kelod Kecamatan Denpasar Timur (50).

Selanjutnya, Wanita Hindu Dharma Desa Dangin Puri Kelod Kecamatan Denpasar Timur (50), Semeton Yowana Desa Sumerta Kauh Kecamatan Denpasar Timur (50), Pura Sari Desa Adat Pagan Kecamatan Denpasar Timur (40), Pura Pengadangan Abian Kapas - Ketapian Kelurahan Sumerta Kecamatan Denpasar Timur (100), Pura Kawitan Pasek Gelgel Kesiman Kecamatan Denpasar Timur (50), KSU Graha Pasek Dana Sejahtera Br. Kaja Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan (50), Pura Taman Magendra Desa Pakraman Padangsambian Kecamatan Denpasar Barat (70), dan LPM Desa Dauh Puri Kaja Kecamatan Denpasar Utara sebanyak 100 paket sembako. 

Menurut Gung Mita, sisanya 1.000 paket sembako akan disalurkan pada kesempatan lain secara tersebar di lokasi penerima bantuan dan dilakukan secara door to door di Kabupaten Badung, Tabanan serta beberapa kabupaten yang ada di Bali.

"Atas nama masyarakat dan pengurus Yayasan Adisti Raditya Wrehatnala kami menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW), Deputi Direktur Bank Indonesia Provinsi Bali Andy Setyo Biwado, Jero Bendesa Desa Adat Yangbatu I Nyoman Suparta, Perbekel Desa Dangin Puri Kelod I Made Sada, rekan-rekan media cetak maupun online, dan seluruh perwakilan penerima penyerahan sembako yang telah hadir," ungkap Gung Mita menutup sambutannya. 

Sementara, Agung Rai Wirajaya (ARW) dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia (BI) khususnya Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali karena telah ikut menggaungkan kepada masyarakat bahwa BI turut berpartisipasi merayakan hari besar keagamaan nasional termasuk di daerah. BI menurut Rai Wirajaya, telah memberikan contoh yang baik kepada masyarakat bahwa toleransi beragama itu sangat penting.

"Kita dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia bagaimana keutuhan ini terus terjaga dengan baik dari Sabang sampai Merauke," ucap Agung Rai Wirajaya (ARW).

Lebih jauh Agung Rai Wirajaya (ARW) yang diketahui sebagai politisi senior PDI Perjuangan yang dikenal memiliki basis massa yang kuat dan militan menjelaskan BI sangat peduli selain turut merayakan hari-hari besar keagamaan baik secara nasional maupun di daerah khususnya di Bali, juga bagaimana BI mendorong agar inflasi terkendali di dalam negeri. 

"Kalau inflasi tidak terjaga dengan baik maka daya beli masyarakat akan merosot, dan disana pertumbuhan ekonomi tidak akan bergulir. Dulu Bank Indonesia itu susah ditemui, tapi sekarang BI sudah langsung ikut berbaur dengan masyarakat terbukti dalam PSBI ini," jelas Tokoh asal Peguyangan Denpasar ini.

Tak hanya itu, lanjut Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini, BI tak hanya menjaga moneter dan juga menjaga inflasi dengan berbaur dengan masyarakat. Bagi Agung Rai Wirajaya (ARW), sinergi seperti ini sangat penting dalam upaya dirinya bisa memfasilitasi setiap kegiatan yang datang dari aspirasi masyarakat agar BI bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat di dalam berbagai implementasi program-program sosial di masyarakat.

"Saya terima kasih sekali lagi karena hari besar keagamaan nasional bisa diwujudkan BI dengan PSBI sehingga kami bisa terus menerus membantu masyarakat selain menjaga inflasi juga menjaga kerukunan umat beragama kita di Bali khususnya," ungkap Agung Rai Wirajaya yang dikenal sudah empat periode menjadi Anggota DPR RI.

Dalam kesempatan ini, Deputi Direktur Bank Indonesia Provinsi Bali, Andy Setyo Biwado, menyampaikan penyerahan PSBI dalam rangka Hari Raya Pagerwesi tahun 2023, selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, PSBI ini juga merupakan salah satu upaya dalam menjaga daya beli masyarakat mengingat inflasi di Bali cenderung masih tinggi. Dalam menjaga inflasi, Bank Indonesia turut mengupayakan beberapa kegiatan berupa operasi pasar, gerakan tanam (Gertam) hortikultura untuk meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga dan memfasilitasi kerjasama antar daerah. 

"Akselerasi pertumbuhan ekonomi Bali tidak terlepas dari kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Provinsi Bali serta kabupaten kota serta dukungan dan kerjasama seluruh pihak terutama bapak I Gusti Agung Rai Wirajaya," terang Andy.

Menurut Andy, penyerahan simbolis 2.000 paket sembako PSBI dalam rangka Hari Raya Pagerwesi ini terealisasi berkat dukungan Agung Rai Wirajaya. Bantuan ini nantinya akan disalurkan kepada warga yang membutuhkan secara bertahap. 

"Kami berharap bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi seluruh warga khususnya untuk meringankan beban masyarakat," harap Andy mengakhiri.(BB).