Peringati Hari Kartini dan Hardiknas, KPPG dan IIPG Gelar Pelatihan Pelatih "Mejejahitan Banten" untuk Kebangkitan Perempuan Bali

  02 Mei 2021 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Partai Golkar Bali melalui Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) Provinsi Bali dan Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Provinsi Bali menggelar Pelatihan Pelatih/Instruktur “Mejejahitan Banten” di Kantor DPD Golkar Bali, Minggu pagi (2/5). 

Pelatihan kali ini dibuka Ketua DPD Partai Golkar Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry dan menghadirkan instruktur dari Kantor Agama Kota Denpasar. Ketua DPD Golkar Bali Sugawa Korry dalam pidatonya saat membuka kegiatan pelatihan pelatih/instruktur "Mejejahitan Banten" memuji peran kader Golkar khususnya perempuan yang sangat luar biasa dalam berkarya dan berkreasi.

“Meski di tengah Covid-19 ini, kita tetap bertekad wujudkan karya nyata. Bagaimana Raden Ajeng Kartini dengan semangatnya memberi motivasi, mendorong kaum perempuan bisa keluar dari keterkungkungan. Saat ini kaum perempuan bisa bangkit dan mampu berkiprah dalam berbagai kegiatan pembangunan diberbagai sektor,” ucap Dr. Sugawa Korry dihadapan para peserta. 

Dr. Sugawa Korry yang juga Wakil Ketua DPRD Bali dalam paparannya menerangkan tentang perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam menyadarkan akan pentingnya pendidikan, sebab tanpa pendidikan yang benar maka akn sulit untuk maju. Ia pun memberi contoh bagaimana Jepang melalui restorasi Meiji dengan membuka kesempatan warganya untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya sehingga bisa maju seperti saat ini.

Dr. Sugawa Korry pun menekankan pendidikan terus berkembang sejalan dengan perkembangan zaman. Untuk itu, lanjutnya, kaum perempuan Partai Golkar Bali harus diberi perbekalan sejalan dengan Tatwa, Upakara dan Susila. 

"Belajar tentang upakara yakni banten ini penting sebagai sarana hubungan manusia dengan tuhan. Bukan hanya paham akan banten, juga mampu membuatnya sendiri sehingga akhirnya bisa ditularkan ke masyarakat sekitarnya,” pungkas Sugawa Korry.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Bali Ni Wayan Suartini Sugawa Korry berharap dengan digelarnya kegiatan Pelatihan Pelatih/Instruktur “Mejejahitan Banten” ini bisa mendorong kebangkitan kaum perempuan Bali. 

“Saya berharap lahir kader-kader wanita untuk memajukan pembangunan. Pelatihan majejahitan ini penting bagi kaum perempuan Bali yang dalam kesehariannya tidak terlepas dari kegiatan upacara,” terangnya.

Sementara, Ketua Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) Bali Gusti Ayu Putu Ardaba Kory menjelaskan kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional untuk mengajak jajarannya agar terus berbuat aktif di masyarakat. Kory mengaku sempat ikut roadshow bersama DPD Partai Golkar Bali ke beberapa kabupaten dan melihat kegiatan belum maksimal. 

"Saya harap KPPG terus mengintensifkan koordinasi dengan IIPG untuk memaksimalkan kegiatan. Dan jadikan momentum ini dengan melakukan berbagai kegiatan nyata untuk masyarakat seperti dengan pelatihan ini," harapnya.(BB).