Paus Raksasa Terdampar di Pantai Yeh Leh Jadi Tontonan Menarik Bagi Warga

  08 April 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Ikan Paus terdampar di Pantai Yeh Leh jadi tontonan warga

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Terdamparnya ikan paus raksasa yang diketahui berjenis Paus Seperma menjadi tontonan menarik bagi warga yang melintas maupun warga Desa Pengeragoan. Polsek Pekutatan langsung memasang Police Line agar masyarakat tidak mendekat guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tim dari Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Gilimanuk melakukan pemeriksaan terhadap ikan paus tersebut. Hasilnya, panjang paus tersebut mencapai 17,28 meter, dengan kepala berdiameter 7,72 meter, bulat badan mencapai 10 meter, lebar sirip ekor 20 meter, dan terdapat 38 gigi.

Kapolsek Pekutatan, Kompol I Wayan Suastika, menjelaskan bahwa ikan paus tersebut akan dievakuasi pada hari Minggu (9/4/2023) untuk menghindari pencemaran lingkungan akibat ikan yang semakin membusuk. “Selain itu, ikan paus tersebut akan dipotong-potong dan dikubur di sekitar Pantai Yeh Leh. Paus tersebut akan ditarik ke bibir pantai untuk mencegah agar tidak bergeser ke tempat yang lebih dalam di laut,” terangnya.

Untuk mengetahui penyebab kematian ikan paus, Suastika mengaku, tim dari Yayasan Jaringan Satwa Indonesia (YJSI) akan melakukan nekropsi pada hari yang sama dengan evakuasi. “Kami juga telah memasang Police Line untuk menghindari masyarakat mendekat dan memungkinkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya. Sabtu (8/4/2023).

Keberadaan ikan paus raksasa tersebut, menurutnya, tentunya menjadi perhatian bagi warga sekitar. Namun, evakuasi dan penguburan yang dilakukan dengan tepat dapat mengurangi dampak buruk akibat kemunculan ikan paus yang terdampar