KB Dihapus Diganti Program Keluarga Berkwalitas Bisa Memiliki 4 Anak

  16 Desember 2021 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali dr. Ni Luh Gede Sukardiasih didampingi Dandim 1617 Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S. Sos.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana, Terkait dengan kebijakan nasional dengan logo Keluarga Berencana (KB) yang mewajibkan keluarga berencana cukup 2 anak laki dan perempuan sama saja itu sudah tidak ada lagi, yang diterapkan sekarang adalah keluarga berkwalitas

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali dr. Ni Luh Gede Sukardiasih saat menyerahkan piagam predikat terbaik se Provinsi Bali di Kodim 1617 Jembrana.

"Sekarang Bali menerapkan sistem Keluarga Berkwalitas, sebelumnya bapak Gubernur Bali pernah mengatakan keluarga Ajeg Bali yaitu orang Bali bisa meneruskan mempunyai anak sampai nama Ketut dalam artiannya mempunyai anak 4," terang Luh Gede. Kamis (16/12/2021)

Ia melanjutkan, terkait hal tersebut, pihaknya menerapkan program Keluarga Berkwalitas yang sebelumnya Keluarga Berencana. "Disini contoh dari keluarga berkwalitas adalah para remaja harus mempunyai rencana untuk berumah tangga yang perempuan minimal berumur 21 tahun dan laki-lakinya berumur 25 tahun.

"Dari umur perempuan tersebut bisa melahirkan sampai umur 35 tahun, adapun jarak idealnya melahirkan 3 sampai 4 tahun. Kalau dijalani dari umur 21 sampai 35 tahun hanya bisa melahirkan 4 anak saja," uraiannya.

Untuk memperlancar program tersebut, imbuh Luh Gede, melalui mitra BKKBN,  mereka akan mendampingi dan memonitoring calon keluarga tersebut, terkait dengan kesehatan reproduksi. "Para remaja harus memikirkan kapan mereka bersiap untuk menikah, itu harus ada persiapan," tutupnya. (BB)