Ini Cara Untuk Hindari Paparan Radisi Ponsel Anda

  07 Juni 2016 KESEHATAN Nasional

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. PONSEL atau Telepon Seluler telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Ponsel atau yang juga disebut handphone ini selalu berada di kantong celana, tas, di mana pun kita berada. Ponsel akan selalu kita pegang sekadar untuk chatting, sms, dan browsing hal-hal baru. Tapi, apakah ponsel baik untuk kesehatan kita?
 
Meskipun belum ada bukti yang jelas bahwa ponsel benar-benar berbahaya, beberapa studi mengklaim radiasi dari ponsel yang secara bertahap dapat membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Meskipun kita tidak bisa berhenti menggunakan ponsel, mari kita bagaimana menghindari dampak radiasi ponsel terhadap kesehatan.
 
Jika tidak sedang menerima panggilan dan chatting apapun, cobalah untuk mengubah koneksi ponsel menjadi mode pesawat untuk mengurangi paparan radiasi. Menggunakan earphone akan lebih baik daripada memegang ponsel langsung di telinga, dan hindari penggunaan Bluetooth di dekat daerah kepala karena dapat memancarkan radiasi.
 
Jika sedang berada di daerah dimana sinyal lemah, lebih baik hindarilah melakukan penggilan di tempat-tempat tersebut. Hindari percakapan panjang yang membuat ponsel dan telinga panas saat menerima panggilan. Akan lebih baik jika ingin percakapan panjang, dilakukan secara langsung saat bertemu.
 
Akan lebih baik membawa ponsel dengan tangan daripada menempatkan ponsel di dalam saku baju atau pun celana.Gunakanlah ponsel hanya untuk panggilan yang hanya diperlukan, untuk menghindari diri dari kecanduan ponsel sepanjang waktu. Dan jangan menempatkan ponsel didekat kepala saat tidur, untuk menghindari paparan radiasi ponsel pada kepala dan tubuh.
 
Perlu diketahui bahwa paparan radiasi ponsel akan mempengaruhi DNA, berisiko kanker, kanker mata, kanker tiroid, melanoma, leukemia, kanker payudara dan efek paparan radiasi dari ponsel bisa sangat berbahaya bagi wanita yang sedang hamil.
 
Jadi, mulai sekarang cobalah kurangi penggunaan ponsel jika tidak ada yang terlalu penting, demi kesehatan kita juga pastinya. (BB/Inilah).