Efektivitas Sinovak Menurun, Nakes RSU Negara Divaksin Ketiga

  09 Agustus 2021 KESEHATAN Jembrana

Ket poto : salah satu dokter spesialis anak di vaksin moderna

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Berkurangnya efektivitas vaksin sinovac, pemerintah memutuskan untuk mengambil langkah melanjutkan vaksinasi ke 3 dengan vaksin moderna. Vaksin baru ini merupakan vaksin yang diproduksi di Amerika Serikat disalurkan langsung ke Dinas Kesehatan RI.

Vaksin moderna ini dikhususkan untuk orang yang pernah di vaksin sinovak. Vaksin diawali oleh para Tenaga Kesehatan Nakes Kabupaten Jembrana, hal tersebut dikarenakan banyaknya para nakes yang terpapar lagi setelah lonjakan kasus sebelum diberlakukannya PPKM Darurat.

Adapun tujuan dari vaksin ketiga ini untuk mengcover vaksin sinovac yang sekian bulan efektivitasnya menurun, dan dilanjutkan dengan vaksin moderna yang efektivitasnya bisa bertahan lama.

"Dosis yang ketiga ini diperuntukan untuk nakes yang pernah divaksin jenis sinovac, karena kemungkinan efektivitas vaksin yang kedua sudah memudar. Berdasarkan banyaknya nakes yang terpapar lagi, walaupun sudah tervaksin terakhir tersebut," ujar Direktur RSU Negara dr. Ni Putu Eka Indrawati saat dikonfirmasi awak media, Senin (9/8/2021).

Nakes RSU Negara termasuk seluruh penunjang, yang divaksin total berjumlah 497 orang dalam jangka waktu minggu ini. Jadi perharinya divaksin sebanyak 70 orang. Yang tidak bisa di vaksin sebanyak 120 orang itu ada yang penyitas, hamil dan ada yang baru ikut vaksin pertama, dan ada yang vaksin ke dua

"Terkait dengan efektivitas vaksin sinovac menurun dan dilanjutkan dengan vaksin ke 3 yang bernama vaksin moderna, ini dikhususkan untuk nakes dulu, dikarenakan ujung tombak dari penanganan pasien covid adalah para nakes. Untuk kalangan umum atau yang lainnya mungkin nanti ada kajian tersendiri dari pemerintah," jelasnya.

"Dikarenakan efektivitas dari vaksin sinovac menurun, menurut sepengetahuan saya sendiri, vaksin sinovac setiap bulannya efektivitasnya sampai 6 persen. Kalau vaksin moderna yang baru ini efektivisanya selama 6 bulan sampai 94 persen masih," terangnya.

Selama dari bulan Juni, imbuh Eka, Nakes RSU Negara yang terpapar virus corona mulai dari dokter, perawat sampai dokter spesialis, keseluruhan mencapai 50 orang. "Itu dikarenakan selama bulan Januari pasien Covid-19 yang ditangani RSU Negara mengalami peningkatan," jelasnya.

Lebih jelasnya Eka mengatakan, hingga hari ini, peningkatan kasus corona di RSU Negara masih naik turun. "Hari ini ada 6 orang pasien covid yang sudsh sembuh dan kita pulangkan. Untuk persediaan oksigen di RSU Negara untuk sementara ini aman dan tercukupi," tutupnya. (BB)