Diduga Ventilasi Tidak Memadai, WBP Rutan Negara Diserang Batuk Berdahak

  02 Juni 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : petugas kesehatan sedang skrening warga binaan perempuan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Diduga ventilasi dan penerangan ruang tahanan tidak memadai, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Negara terserang penyakit batuk berdahak. Sebanyak 153 orang WBP ikut menjalani skrening masal yang di handle oleh Dinas Kesehatan Jembrana dengan menggandeng Puskesmas I Negara serta Puskesmas II Negara, bertempat di lapangan dalam Rutan Negara.

Dari 153 orang tersebut sebagian terjangkit penyakt batuk berdahak, tidak hanya WBP yang diskrening, sebanyak 6 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) juga ikut menjalani skrining. Setelah dilakukan pengecekan paru, sample pot dahak langsung  dikirim ke Laboratorium Rumah Sakit Umum (RSU) Negara untuk pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TCM).

Kepala Rutan Negara Bambang Hendra Setyawan mengatakan, pemeriksaan ini bertujuan dalam upaya peningkatan status kesehatan paru bagi WBP. mengingat kondisi Rutan (ventilasi, penerangan yang kurang) berisiko tinggi mengakibatkan permasalahan utamanya dalam kesehatan paru.

"Semoga hasil pemeriksaan kali ini tidak ditemukan kuman/ bakteri atau virus dalam dahak baik WBP maupun petugas. “Kami sangat berterimakasih kepada tim dari Dinkes beserta Puskesmas I dan II Negara yang telah meluangkan waktunya untuk melakukan skrining massal pada WBP kami," terangnya. Kamis (2/6/2022).

Sementara Dokter Puskesmas I Negara dr. I Gede Made Biomantara Rama Santhi mengatakan, untuk hari ini pemeriksaan paru kepada WBP sebanyak 83 orang yang terdiri dari 77 warga binaan dan 6 orang petugas Rutan. "Untuk sisanya akan kami laksanakan besok sementara Hasil pemeriksaan dahak hari ini akan disampaikan besok," tutupnya. (BB)