Diduga Akibat Perburuan Liar, Rusa Timor Yang Ditemukan Berakhir Mati

  04 Oktober 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: Saat Rusa Timor baru ditemukan masih hidup dalam keadaan lemah

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana, Seekor rusa timor atau menjangan (cervus timorensis) yang ditemukan oleh seorang warga di dekat Hutan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) pada hari Selasa (3/10/2023) malam, akhirnya mati setelah mendapatkan perawatan dari petugas.

Rusa tersebut ditemukan dalam keadaan sudah tidak bisa berjalan di pinggir jalan di Banjar Sumbersari, Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Saat diperiksa, rusa tersebut mengalami luka dan membusuk di bagian kaki depan kiri bekas jeratan tali seling.

Kepala Balai TNBB, Agus Ngurah Krisna Kepakisan membenarkan bahwa rusa tersebut mati karena luka yang sudah membusuk. "Rusa itu mati setelah mendapatkan perawatan dari dokter hewan dari Jaringan satwa indonesia (JSI) sekira pukul 23.05 wita. Rusa itu sudah dikubur tadi malam," jelasnya. Rabu (4/10/2023).

Agus juga mengatakan, tadi pagi dirinya mendapat laporan bahwa rusa tersebut telah mati, lantaran luka yang terdapat dibagian kaki rusa sudah membusuk. “Lukanya memang di kaki saja, tapi dampaknya ke seluruh tubuh apalagi sudah membusuk,” jelasnya.

Agus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan perburuan liar terhadap satwa dilindungi. Perburuan liar merupakan salah satu ancaman serius bagi kelangsungan hidup satwa. "Kami akan terus melakukan patroli pengamanan kawasan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah perburuan liar," ucapanya. (BB)