Dewa Ratu! Harga Ikan Kocing Anjlok Nelayan Menjerit

  20 Mei 2021 PERISTIWA Jembrana

Istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Jembrana - Dimasa pandemi dan Pasca habis lebaran harga ikan lemuru yang sering disebut ikan kocing anjlok, para nelayan Desa Pengambengan menjadi khawatir dengan penurunan harga yang jauh turun drastis ini.

Seperti halnya yang diceritakan salah satu pengelola kapal selerek bernama Saifulah (40) dirinya mengatakan, harga jual ikan lemuru turun drastis mencapai 6 ribu rupiah perkilo yang sebelumnya mencapai harga 8 ribu rupiah sampai 9 ribu rupiah. Rabu (19/05).

"Habis lebaran ini harga mulai turun mas, dan tangkapan ikan lemuru lumayan melimpah. Harganya per hari ini turun jadi 6 ribu rupiah per kilogram. Dari tahun lalu sempat tembus Rp 12 ribu per kilogram, turun lagi jadi 8 ribu rupiah, sekarang 6 ribu rupiah, " terangnya. 

Ditahun 2020, lanjut Saifulah, diawal pandemi covid kebutuhan ikan lemuru sangat tinggi untuk pengalengan, namun pada saat itu tangkapan tidak terlalu banyak kisaran 2 sampai 5 ton per kapal.

"Harga mulai turun pada akhir tahun menjadi 9 ribu rupiah perkilo sampai awal dan menjelang lebaran, dan saat ini mas sehabis lemaran harga ikan lemurun gila-gilaan turun bayangkan sampai 6 ribu rupiah. Pabrik pengalengan juga banyak yang tutup dikarenakan inilah pandemi covid," ujarnya.

Dengan harga segitu, imbuh Saifulah, kami kewalahan ditambah lagi harga solar berkisaran 8 ribu rupiah per liter dibandingkan harga ikan lemuru 6 ribu rupiah perkilo cukup mempusingkan juga, "untung juga tangkapan akhir-akhir ini lumayan banyak jadinya bisa kita imbangi dengan biaya oprasional," imbuhnya.

Saifulah menambahkan, untuk saat ini harga ikan yang paling tinggi masih didominasi ikan layur itu untuk kebutuhan eksport, tapi musim seperti ini susah mencari ikan layur, harganya perkilo kisaran 45 ribu rupiah sampai 46 ribu rupiah.

Saat dikonfirmasi awak media Koordinator Tempat Pelelangan Ikan Pengambengan, I Putu Adi Astawa membenarkan penurunan tersebut, ia mengatakan saat ini harga ikan lemuru mencapai 6 ribu rupiah, terangnya. Kamis (20/05).