Bupati Suwirta Hadiri RAT KSU Walet Sari Tahun Buku 2016

  13 Maret 2017 PERISTIWA Klungkung

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ny.Ayu Suwirta menghadiri Acara RAT (Rapat Akhir Tahun) Koperasi Serba Usaha (KSU) Walet Sari Lembongan tahun buku 2016. Acara ini juga dihadiri Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya Ketua Dekopinda Kabupaten Klungkung Ngakan Made Nata dan undangan terkait lainnya, yang bertempat di Balai Banjar Amben Tiying Ceningan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung Minggu (12/32017).
 
 
Pada kesempatan ini, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan kepada seluruh pegawai, pengelola, pengurus, penasihat dan pengawas agar meningkatkan profesionalisme dalam bekerja. Dalam pendalaman administrasi mohon diperhatikan kepada para anggota diharapkan bisa memanfaatkan koperasi yang ada.
 
"Untuk dana pendidikan agar bisa digunakan sebaik-baiknya termasuk mendidik anggota KSU Walet Sari dan pegawai KSU Walet Sari". Ujar Bupati Suwirta.
 
Lebih lanjut, Bupati Suwirta menambahkan hal yang paling penting di dalam Koperasi pemahaman tentang pentingnya pegawai koperasi memiliki sertifikat kompetensi. Koperasi yang ada di seluruh Kabupaten Klungkung menerapkan konsep Koperasi dari, oleh dan untuk dan tujuh prinsip Koperasi tersebut, maka di Kabupaten Klungkung akan terjadi pemerataan ekonomi. Dari hasil SHU yang dimiliki Koperasi dapat dinikmati oleh masyarakat sehingga tidak akan ada kesenjangan lagi, diskriminatif antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya serta perlu diberikan pemahaman tentang koperasi kepada masyarakat.
 
"Tingkatkan selalu sistem kinerja dengan baik, semua anggota harus bekerjasama dan berkomunikasi dengan baik agar nantinya Koperasi ini bisa terus meningkat sesuai dengan harapan kita bersama". Harap Bupati Suwirta saat memberikan sambutan. 
 
 
Laporan Ketua KSU Walet Sari I Wayan Suwidi menyampaikan bahwa pada tahun 2016 per 31 Desember 2016 jumlah anggota yakni 389 orang, mengalami peningkatan lagi 47 orang dari tahun 2015. Realisasi rencana Anggaran dari target Rp 277.368.618 terealisasi mencapai Rp 308.960.891 mengalami kenaikan Rp 31.592.273 sebesar 11,39%. Sisa Hasil Usaha (SHU) tahun 2016 sebesar Rp 308.960.960, sedangkan tahun buku 2015 SHU yang dimiliki Rp 265.818.641 mengalami kenaikan Rp 43.142.250 naik sebesar 16%. Aset yang dimiliki tahun 2016 sebesar Rp 8.530.215.602.
 
Laporan Ketua Pengawas Koperasi Ketut Taksu menyampaikan bahwa administrasi usaha sudah dikelola dengan baik dan didukung dengan buku bantu yang lengkap, pembagian tugas dan tanggung jawab sudah dijalankan dengan sebagaimana mestinya, hasil usaha sudah disajikan dengan benar sesuai dengan neraca dan laporan laba rugi, rasio rentabilitas, solvabilitas, dan likuiditas sudah cukup baik. 
 
Sambutan Ketua Dekopinda Kabupaten Klungkung Ngakan Nata menyampaikan dengan dilaksanakan RAT tahun buku 2016 mengindikasikan bahwa perjalanan Koperasi KSU Walet Sari yang baru berusia 5 tahun sudah berjalan dengan baik. Nyoman Nata juga memberikan ucapan selamat kepada KSU Walet Sari karena sudah berhasil memperoleh peringkat ke-2 dibidang koperasi aktif di Kabupaten Klungkung pada tahun 2016.
 
 
Dalam acara RAT Koperasi Serba Usaha (KSU) Walet Sari Lembongan tahun buku 2016 Bupati Suwirta didampingi Ketua Dekopinda Kabupaten Klungkung Ngakan Made Nata menyerahkan bantuan beasiswa berprestasi yakni Putu Aulia Maharani siswa kelas VI SDN 1 Lembongan Cabang Seni, Ni Luh Putu Wina Sudartini siswa kelas V SDN 2 Lembongan dalam bidang akademik olimpiade IPA, Ni Made Raditya Wahyoe Dwi Karta siswa kelas V SDN 3 Lembongan dalam bidang akademik, I Putu Riyandi siswa kelas VI SDN 1 Jungutbatu Cabang olahraga Catur, Ni Putu Candra Kusuma Wardani siswa kelas VIII A SMPN 4 Nusa Penida berprestasi dibidang akademik juara 1 umum, Ni Wayan Maha Alit SMA kelas XI IPA SMA Satap Lembongan Cabang Atletik. Dan juga menyerahkan Bantuan Operasional bidang Pendidikan Bidang Pendidikan KSU Walet Sari Tahun Buku 2016 yakni kepada TK-PAUD Tunas Dharma Kumara, Gugus sekolah SD se-Desa Lembongan dan Jungutbatu /gugus Walet. Surat Izin Usaha Simpan Pinjam kepada Kepala KSU Walet Sari, serta sertifikat  kompetensi kepada Pengurus Koperasi yakni I Made Yasa Dana, I Kadek Sujaya sebagai Juru Buku (Bookkeeping) dan Ni Komang Ayu Suningsih, Ni Wayan Suantari sebagai kasir (cashier). (BB)