Bupati Suwirta Hadiri Ngaben Masal Tiga Desa di Nusa Penida

  09 Juli 2016 PERISTIWA Klungkung

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ibu Ayu Suwirta yang didampingi Camat Nusa Penida I Gusti Agung Putra Mahajaya, menghadiri Upacara Ngaben Masal di tiga desa di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung Rabu (6/7/2016). Ketiga Desa tersebut yakni Desa Kutampi, Desa Bunga Mekar dan Desa Batununggul.
 
Kedatangan Bupati Suwirta diterima masing-masing Panitia Upacara dan masyarakat setempat. Salah seorang panitia ngaben masal di Banjar Pandukuha Kelod, Desa Bunga Mekar. Upacara ngaben masal kali ini mengupacarai sebanyak 24 sawa.
 
Sementara itu, untuk ngaben masal di Banjar Gelagah, Desa Kutampi akan mengupacarai sebanyak 31 sawa dan di Desa Batununggul akan mengupacarai sebanyak 48 sawa.
 
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas semangat warga melaksanakan yadny. “Melalui Ngaben Masal seperti ini semangat gotong royong akan terus terjaga, Ujar Bupati Suwirta.
 
Menurut Bupati Suwirta, Upacara Ngaben Masal merupakan hutang yang harus dibayar untuk Sang Pitara (yang sudah meninggal). Upacara ini adalah yadnya suci yang harus dilaksanakan dengan penuh keikhlasan. “Kalau beryadnya itu harus didasari dengan hati yang ikhlas dan damai,” Harap Bupati Suwirta.(BB).