Kecerdasan Buatan Kalahkan Manusia

Bersiaplah! 120 Tahun Lagi, Semua Pekerjaan Manusia Akan Digantikan Robot

  06 Juni 2017 HIBURAN International

Baliberkarya.com/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Internasional. Menurut para ahli dalam paparan risetnya memaparkan ada kemungkinan 50 persen mesin akan mengungguli kecerdasan manusia pada 45 tahun mendatang. 
 
Kesimpulan itu muncul berdasarkan survei kepada 350 periset buatan. Survei dibuat berdasarkan para periset yang mengikuti Konferensi Sistem Proses Informasi Neural dan Konferensi Internasional Pembelajaran Mesin. 
 
Dari riset itu, diprediksi Kecerdasan Buatan atau AI akan mampu melakukan banyak kegiatan manusia di masa mendatang. 
 
 
AI diprediksi akan mampu menerjemahkan perintah manusia pada 2024, menulis esai perguruan tinggi pada 2026, mengendarai truk pada 2027, bekerja sebagai pramusaji pada 2031, menulis buku pada 2049, dan menjalankan operasi pada 2053.
 
Dengan kata lain, semua pekerjaan manusia akan digantikan oleh robot pada 120 tahun mendatang.
 
 
"Ada berbagai bukti, mesin bisa mengalahkan kecerdasan manusia secara kompleks, meski tugasnya spesifik," kata Eleni Vasilaki dari Universitas Sheffield, Inggris, dikutip dari Futurism.
 
Sedangkan, peneliti Institut Kecerdasan Mesin di Barkeley, California, AS, Katja Grace, menyebut potensi AI memiliki 'konsekuensi sosial yang sangat luas."
 
Dalam beberapa permainan, AI telah banyak mengalahkan kemampuan manusia. AlphaGO, AI Google, DeepMind, merupakan beberapa pemograman yang mampu mengalahkan manusia.
 
Dalam beberapa aplikasi, sistem pembaca gerak bibir atau pemindai ekspresi wajah lebih efisien ketimbang kemampuan para profesional. 
 
Aplikasi di kepolisian pun cukup membantu menyaring data kriminalitas yang sudah ada. Tetapi, terkadang, masing-masing aplikasi hanya bagus dalam satu tugas. 
 
Dalam waktu dekat ini, kata Eleni, ada bukti AI memiliki fleksibilitas seperti manusia. AI semacam itu diprediksi akan muncul dalam beberapa waktu dekat ini.(BB/inilah).