Arah Kade! Lempar kaca Bus Terinspirasi dari Medsos, Pemuda 17 Tahun Asal Mendoyo Ditangkap Polisi

  02 Oktober 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Kaca samping bus Gunung Harta pecah

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Mengaku mengaku ingin mengikuti trend yang sering dilihat pelaku di media sosial Tik Tok, pemuda yang merupakan anak dibawah umur berusia 17 tahun asal Kecamatan Mendoyo diringkus Polsek Mendoyo di rumahnya, setelah kabur saat melempar kaca bus Gunung Harta dengan batu sehingga kaca bus tersebut pecah.

Kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu (1/10/2023) sekira pukul pukul 01.30 Wita di di jalan umum Denpasar-Gilimanuk tepatnya di depan SDN 1 Pergung, Banjar Baler Pasar, Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo, Jembrana.

Kapolsek Mendoyo Kompol I Putu Suarmadi saat dikonfirmasi mengatakan, pelaku melakukan aksinya di dua lokasi, yaitu di depan SDN 1 Pergung dan di sekitar Mako Polsek Mendoyo. "Pelaku melempar kaca bus dengan menggunakan batu. Akibatnya, kaca bus mengalami retak dan pecah," terangnya.

Suarmadi melanjutkan, kejadian berawal saat bus Gunung Harta yang dikemudikan oleh Hasan melintas di jalan umum Denpasar-Gilimanuk. Tiba-tiba, pelaku yang mengendarai sepeda motor dari arah berlawanan melempar kaca bus dengan menggunakan batu. “Akibatnya, kaca bus bagian depan sebelah kiri mengalami retak dan pecah,” ungkapnya.

Saat kejadian, anggota polsek sedang melakukan patrol di lokasi tersebut. Saat itu bus berhenti lantaran kacanya pecah, aksi pelaku dilihat oleh anggota yang sedang patrol, saat itu pelaku langsung melarikan diri. “Pelaku berhasil ditangkap di rumahnya di Kecamatan Mendoyo sekira pukul 02.00 Wita,”

Dari hasil interogasi, imbuh Suarmadi, pelaku mengaku melakukan aksinya karena ingin mengikuti tren yang sering dilihatnya di media sosial TikTok. "Pelaku masih anak-anak, sehingga tidak dilakukan penahanan. Namun, pelaku tetap dilakukan wajib lapor setiap hari," jelasnya.

Pelaku juga mengaku, ucap Suarmadi, selain melakukan pelemparan kaca di depan SDN 1 Pergung, pelaku juga melakukan pelemparan kaca bus di jalan umum Denpasar-Gilimanuk sekitar 100 meter di barat Mako Polsek Mendoyo. “Kasus tersebut tetap diproses, dan akan koordinasi dengan pihak sekolah, orang tua dan dinas terkait,” ucapnya.

Pihaknya telah melakukan pendekatan terhadap keluarganya dan menghimbau untuk lebih mendekatkan diri pada anak. “Kami sudah menghimbau kepada orang tua pelaku supaya lebih memperhatikan anak-anaknya, apalagi di luar rumah sampai melewati jam malam,” pungkasnya. (BB)