5 Manfaat Kesehatan Bagi Anda yang Memiliki Hewan Peliharaan

  25 Mei 2016 KESEHATAN Nasional

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com. Nasional-Mengkonsumsi sebuah apel per hari mungkin bisa mencegah Anda untuk pergi ke dokter. Tapi bagaimana dengan menghabiskan waktu bersama seekor hewan piaraan per hari?
 
Telah banyak bukti bahwa memiliki hewan piaraan dapat memberikan manfaat kesehatan baik dari fisik, mental, maupun emosional. 
 
Seperti dilansir pada laman animalplanet.com, berikut ini lima manfaat kesehatan yang Anda dapatkan jika memiliki piaraan.
 
1. Bernapas lebih lancar
Gagasan tentang berpelukan dengan binatang bisa mencegah alergi memang terdengar aneh. Tapi penelitian dari University of Wisconsin-Madison menunjukkan bahwa memiliki binatang piaraan di rumah dapat mengurangi risiko seorang anak terkena alergi. Selain itu, seorang anak yang sejak kecil akrab dengan binatang cenderung memiliki sistem imun yang lebih kuat.
 
2. Meningkatkan aktivitas bersosialisasi
Binatang piaraan selalu dapat mencairkan suasana. Baik ketika Anda sedang berjalan-jalan dengan mereka, atau ketika menjadikan mereka sebagai bahan perbincangan. Secara tidak langsung, memiliki piaraan membawa Anda menjadi orang yang senang bergaul, minimal Anda akan bertemu dengan sesama pemilik piaraan.
 
3. Menjaga kesehatan jantung
Banyak orang setuju bahwa memiliki piaraan dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang. Sebuah riset menunjukkan bahwa pada tubuh orang-orang yang memiliki piaraan menunjukkan adanya penurunan tekanan darah, kolesterol, dan kadar triglyceride, yang bisa meminimalisir risiko serangan jantung.
 
4. Memotivasi
Apakah Anda butuh motivasi untuk berolahraga? Ajak saja anjing Anda untuk teman berlari pagi. Salah satu riset di National Institute of Health membuktikan bahwa pemilik anjing yang rajin mengajak anjingnya berlari, memiliki risiko lebih rendah terkena obesitas, dibandingkan mereka yang malas mengajak anjing berlari. Anjing memiliki kebutuhan untuk berlari setiap harinya. Jadi jangan malas jika Anda memilikinya ya.
 
5. Menyenangkan
Binatang piaraan sangat pandai membuat pemiliknya senang. Piaraan mampu mengatasi kesepian dengan menghadirkan kesetiaan yang bisa memperbaiki mood dan membuat Anda sangat terhibur. Apakah Anda masih ingat dengan kisah seekor Hachiko yang sangat setiap pada tuannya? (BB/Inilah).