Warga Jembrana Tak Punya BPJS Antusias Ikut Operasi Katarak Gratis di RSU Negara

  25 April 2024 KESEHATAN Jembrana

Ket Poto: salah satu lansia yang ikut operasi katarak gratis

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Warga Kabupaten Jembrana yang tidak mempunyai BPJS antusias ikut operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Negara pada Kamis (25/4/2024) yang bekerjasama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Cabang Bali.

Salah satu pasien yang tidak mempunyai BPJS bernama I Ketut Kun Ardiana (60), mengaku sangat terbantu dengan kegiatan ini lantaran biaya operasi katarak cukup tinggi

"Selama ini saya tidak berani operasi katarak karena biayanya mahal, mencapai belasan juta rupiah. Terima kasih kepada Perdami dan PT Erlangga Edi Laboratories yang sudah mengadakan operasi katarak gratis ini," ujarnya.

Ardiana berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan operasi mata katarak. "Sekarang baru satu mata saya yang kanan, kalau ada lagi (operasi gratis), saya lanjutkan operasi yang kiri," ujarnya.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Jembrana, dr. I Wayan Sujana, mengapresiasi kegiatan bakti sosial ini. Ia berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin agar lebih banyak masyarakat yang terbantu.

"Terlebih di RSU Negara ini belum bisa melaksanakan operasi mata katarak dengan teknik laser ini karena keterbatasan alat. Jadi kita sangat terbantu dengan kegiatan sosial ini," ujar Sujana.

Sujana menambahkan, kegiatan ini diikuti oleh 25 orang masyarakat Jembrana. Sebelumnya ada 30 orang yang akan mengikuti operasi, namun setelah dilakukan screening, ada 25 orang yang siap dilakukan tindakan.