Diterjang Hujan Lebat dan Angin Kencang, Rumah Warga Miskin di Jembrana Roboh

  26 April 2024 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: kondisi rumah milik I Nengah Karang

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda wilayah Jembrana, Bali, pada Kamis (25/4/2024) sore, mengakibatkan rumah seorang warga miskin, Nengah Karang (66), di Lingkungan Ketapang, Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara, roboh.

Rumah Nengah Karang yang sudah tua dan lapuk tidak mampu menahan terjangan cuaca ekstrem tersebut. Beruntung, Nengah Karang tidak berada di dalam rumah saat kejadian sehingga tidak ada korban jiwa.

Menurut Lurah Lelateng, Wariana, korban sebenarnya sudah dua kali ditawarkan bantuan bedah rumah dari pemerintah, namun selalu menolaknya. "Beliau selalu menolak dengan alasan takut punya hutang," kata Wariana. Jumat (26/4/2024).

Wariana menjelaskan bahwa program bedah rumah tidak membebani biaya kepada penerima. Namun, Nengah Karang mungkin belum memahami hal tersebut. "Setelah kejadian ini, beliau baru menyadari," imbuhnya.

Pihak kelurahan dan BPBD Jembrana saat ini tengah berusaha mencari solusi untuk membantu Nengah Karang memperbaiki rumahnya. Nengah Karang sendiri mengaku menyesali penolakan bantuan bedah rumah sebelumnya. "Saya pikir rumah peninggalan orang tua saya masih kuat," ujarnya.

Nengah Karang, yang sehari-hari bekerja sebagai buruh, kini berharap mendapatkan bantuan untuk memperbaiki rumahnya yang roboh. BPBD Jembrana telah melakukan asesmen ke lokasi dan memperkirakan kerugian Nengah Karang mencapai Rp 80 juta. (BB)