Dari Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Jaya Negara Apresiasi Kreativitas Disabilitas

  04 Desember 2021 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Pemkot Denpasar kembali memperingati Hari disabilitas Internasional, Sabtu (4/12) di Gedung Dharma Negara Alaya. Kegiatan Hari Disabilitas Internasional atas sinergi Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Denpasar bersama Dinas Sosial dengan agenda pentas kreativitas Disabilitas Denpasar dengan  tetap menerapkan  protokol kesehatan. 

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa hadir menyaksikan pagelaran ragam  kreativitas Disabilitas. Tampak pula hadir Ketua DPRD Denpasar, I Gusti Ngurah Gede bersama Ny. Ngurah Gede, Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahterana Sosial (K3S) Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Wakil Ketua Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Ny. IA. Wiradana. Dalam Kesempatan tersebut juga dihadiri para donatur pendukung kegiatan sosial dan pelaksanaan peringatan Hari Disabilitas Internasional di Kota Denpasar. 

Wali Kota Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota Arya Wibawa mengapresiasi karya lukis Disabilitas dan membeli dua karya lukis dalam kegiatan pameran karya Disabilitas. "Meski dalam situasi pandemi dan dengan kegiatan terbatas dalam pelaksanaan peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun ini dapat memberikan ruang kreativitas dan ekspresi kepada teman-teman Disabilitas di Kota Denpasar," ujar Jaya Negara disela-sela meninjau pameran kreativitas dari Rumah Berdaya dan Rumah Bisabilitas Kota Denpasar. 

Lebih lanjut disampaikan bahwa Pemkot Denpasar terus berkomitmen memberikan ruang kreativitas dan ekspresi kepada Disabilitas Denpasar. Hal ini dengan dukungan keberadaan Rumah Berdaya Kota Denpasar bagi penyandang Skizofrenia dan juga Rumah Bisabilitas yang berlokasi di Jalan Kamboja Denpasar sebagai tempat berekspresi dan berkreativitas para disabilitas. "Dalam peringatan Hari Disabilitas tahun ini segala kreativitas Disabilitas diberikan kesempatan untuk tampil dan berekspresi, serta kami sangat mengapresiasi kreativitas disabilitas mulai  dari berpusisi, menari, modeling, bermain musik dan juga kegiatan lain dalam berwirausaha," ujarnya, sembari menambahkan para Disabilitas di Kota Denpasar memiliki semangat memberikan kontribusi bagi Pemerintah Kota Denpasar 

Ketua K3S Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan pihak swasta melalui dana  Coorporate Social Responsibility (CSR) yang telah secara berkesinmabungan memberikan dukungan baik dalam kegiatan sosial dan ruang ekspresi kepada Disabilitas. Dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun ini, kembali mengajak teman-teman Disabilitas untuk menampilkan kreativitasnya dalam berbagai bidang. Keterbatasan bukan halangan bagi mereka teman-teman Disabilitas untuk berkreativitas, namun ruang ekspresi dan dukungan bersama dapat membangkitkan semangat Disabilitas. Dalam peringatan Hari Disabilitas Tahun ini dengan tema Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas menuju tatanan dunia yang inklusive, aksesibel dan berkelanjutan pasca Covid-19 dapat menjadi cambuk semangat bersama, bergerak bersama memberikan teman-teman Disabilitas kesempatan yang sama. 

"Terima kasih kepada pihak CSR dan donatur  yang telah memberikan bantuan 50 buah kursi roda kepada K3S Denpasar, Bantuan 980 paket sembako serta dukungan dalam kegiatan memperingati Hari Disabilitas Internasional 2021," ujarnya.

Sementra Ketua Panitia Peringatan Hari Disabilitas di Kota Denpasar, Agung Adi menyampaikan penampilan dari seni tari hingga bermain musik disuguhkan dalam peringatan tahun ini. Tari Condong dari teman-teman Tuli Yayasan Corti, pembacaan puisi oleh penyair dari Skizofrenia Tuna Netra dan Disabilitas fisik yakni Angga Wijaya, Aditya Putra Pidada dan Ni Putu Prima Terima Sanjiwangi. Arusaji Band dari Rumah Berdaya Denpasar, Ability Music Corner dari Rumah Bisabilitas. Dalam kesempatan ini juga diserahkan penghargaan Festival Literasi Denpasar oleh Wali Kota Jaya Negara dan Wakil Wali Kota Arya Wibawa, penyerahan alat bantu kesehatan kepada disabilitas dan lansia, serta penyerahan sembako kepada Disabilitas.