Pemberitaan SIWO PWI Miliki Peran Besar Gaungkan Desain Besar Olahraga Nasional

  30 November 2021 OLAHRAGA Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Webinar Nasional Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) 2021 secara resmi dibuka oleh Ketua PWI Pusat Atal S. Depari. Kegiatan yang bekerjasama Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) dengan Kementerian Olahraga digelar selama 2 hari, 30 November-1 Desember 2021 di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Bali. 

Seminar nasional yang diselenggarakan secara hybrid dan secara offline diikuti sebanyak 92 peserta diselenggarakan dengan protokol kesehatan cukup ketat. Panitia dan peserta wajib mengikuti RT-PCR dengan hasil negatif. Selain itu, kegiatan juta telah mendapatkan ijin dari Satgas Covid-19 Provinsi Bali. 

Menurut Atal, SIWO PWI memiliki peran besar dalam pengembangan olahraga secara nasional. Peran itu terlihat dalam bentuk tulisan. Terlebih lagi, menurut Atal, tahun ini pemerintah memberikan apreasiasi cukup besar dalam mendukung pengembangan keolahragaan di Indonesia. 

"Desain besar olahraga Indonesia harus disupport oleh wartawan. SIWO adalah bagian dari PWI yang menjadi anggota fungsional KONI di manapun, di setiap daerah di Indonesia," kata Atal S. Depari di Bali, Selasa, 30 November 2021.

Atal juga menyinggung tentang tugas wartawan olahraga di era digital saat ini. Ia mengkritisi pekerjaan yang ada cenderung dilakukan berbasis pada mesin atau robot. Sedangkan, sebelum era digitalisasi, wartawan olahraga sering terlibat hingga memiliki hubungan baik dengan para atlet. 

Wartawan olahraga, dalam pandangan Atal, memiliki keistimewaan tersendiri. Spesialisasi itu terlihat dari proses peliputan sebuah pertandingan olahraga dari awal hingga akhir. Wartawan, kata Atal, merekam jalannya pertandingan untuk menghasilkan tulisan dalam karya jurnalistik mereka. 

"Sekarang di era digital kebutuhan terlalu cepat, dulu wartawan olahraga sangat dikenal oleh atlet, tapi di era sekarang ini, hubungan agak mulai pudar. Wartawan sekarang meliput di balik meja (WFH), tidak terlibat langsung dalam proses pertandingan," kata Atal. 

Asisten I Setda Prov Bali I Gede Indra Dewa Putra yang mewakili Gubernur Bali dalam Webinar nasional itu menambahkan, peningkatan prestasi olahraga menjadi bagian dari strategi pembangunan karakter dan harga diri bangsa. 

Indra Dewa Putra mengatakan, event olahraga selalu menyedot perhatian publik yang cukup besar. Dukungan moril itu terlihat nyata hingga pelosok-pelosok desa ketika para atlet bertanding di kancah regional, nasional maupun internasional. 

"Di tingkat dunia, kenapa Cina dan Jepang selalu juara, karena pembinaannya sejak dini, pemerintah dan dunia usaha memberikan dukungan penuh, termasuk jaminan hari tua," kata Indra Dewa Putra. 

Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Bali juga memiliki desain besar olahraga secara nasional. Pemerintah dan pemangku kepentingan mendorong partisipasi masyarakat melalui fasilitas yang memadai. 

"Pemerintah Provinsi menyelenggarakan kompetisi secara rutin dan berkelanjutan dengan arah kebijakan yang harus dipedomani dan didukung," jelasnya. 

Ketua Panitia sekaligus Ketua SIWO PWI Bali Joko Purnomo menegaskan kegiatan ini memiliki tujuan untuk menggaungkan desain besar olahraga nasional melalui pemberitaan wartawan olahraga di Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI).(BB).