Jalin Kerja Sama, Universitas Udayana dan BPS Bali Tandatangani Nota Kesepahaman

  27 November 2021 PENDIDIKAN Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Universitas Udayana menjalin kerja sama dengan Badan Pusat Statistik Provinsi Bali yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara dengan Kepala BPS Provinsi Bali Hanif Yahya bertempat di Ruang Bahasa Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Kamis (25/11/2021). Turut hadir dalam acara yakni Wakil Rektor Bidang Perencanaan, kerjasama dan informasi Unud, Sekretaris USDI, Koordinator Kerjasama dan Humas serta Jubir Unud.

Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara dalam sambutannya menyampaikan sebelumnya telah dilakukan pertemuan dengan Kepala BPS Bali dan penandatanganan MoU ini merupakan awal dari kerjasama yang akan dilaksanakan. Dalam pertemuan telah dibahas rencana magang mahasiswa dalam konteks MBKM dan inisiasi konsentrasi statistik di Prodi Matematika FMIPA yang nantinya bisa menjadi salah satu Prodi di Unud. 

BPS Bali diharapkan dapat mendukung dalam realisasi program tersebut. Setelah MoU ini akan ditindaklanjuti melalui sebuah perjanjian kerja sama yang lebih spesifik lagi. BPS juga akan membuka pojok statistik di Unud, yang sistemnya bisa dikoneksikan sehingga jika butuh data dari BPS dapat diakses dari sana. 

"Disamping itu masih banyak yang bisa dikerjasamakan oleh kedua belah pihak kedepan. Salah satunya dalam meningkatkan kualitas SDM di BPS melalui berbagai Prodi yang ada di Unud. Kerjasama ini diharapkan dapat mendukung kinerja kedua belah institusi," terang Rektor Prof. Antara. 

Sementara Kepala BPS Provinsi Bali Hanif Yahya menyampaikan apresiasi karena telah memfasilitasi kerjasama yang akan dijalin dan hal ini merupakan tindaklanjut dari inisiasi yang dilakukan. BPS merupakan salah satu leading sektor dalam pembinaan statistik, dan berkewajiban dalam memberikan pembinaan dan memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat terkait pemanfaatan data statistik untuk kebijakan maupun perencanaan.

Sebagaiman diketahui bersama pembangunan ini berdasarkan data yang telah diterima oleh BPS. Terkait MoU ini juga sebagai salah satu bentuk tanggung jawab BPS sebagai pembina, dimana BPS juga harus mampu memberikan pemahaman terkait statistik salah satunya dalam aspek pendidikan. 

"Kita akan melakukan kerjasama yang lebih rinci lagi, bagaimana kita bisa memberikan ilmu terkait statistik kepada akademisi dan membangun Pojok Statistik di perguruan tinggi. Di Pojok inilah kita bisa memberikan pelayanan yang lebih dekat lagi kepada mahasiswa maupun dosen untuk menunjang penelitiannya. Pojok ini akan dikelola melalui kolaborasi kedua institusi. Melalui MoU ini juga diharapkan akan banyak kolaborasi dan kerjasama dalam bidang statistik," tutupnya. ?????