Dari AS, AHY Tetapkan Mudarta Sebagai Ketua DPD Demokrat Bali Masa Bakti 2021-2026

Foto: Made Mudarta melalui tes dan proper tes sebelum akhirnya ditetapkan sebagai Ketua DPD Demokrat Bali Masa Bakti 2021-2026.

Baliberkarya.com-Denpasar. Setelah melalui fit dan proper tes secara virtual oleh Tim Tiga DPP Partai Demokrat yang terdiri dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron, pada Kamis 25/11/2021 akhirnya Made Mudarta untuk ketiga kalinya terpilih sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bali.

Politisi senior partai berlambang mercy itu secara resmi ditetapkan secara definitif oleh AHY yang sedang berada di Amerika Serikat (AS) sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Periode 2021-2026 setelah dua jam melalui proses fit dan proper tes secara online di Kantor DPD Partai Demokrat Bali.

"Saya melewati fit and proper tes di hadapan tim tiga DPP Partai Demokrat yang dipimpin langsung Ketum AHY secara virtual dari Amerika Serikat. Astungkara memargi antar labda karya sidaning don, tidak ada hambatan semua materi tes bisa saya jawab termasuk visi misi dan program kerja 5 tahun kedepan berjalan lancar dan dinilai oleh Ketum AHY sangat komprehensif memenuhi kriteria strategis, taktis dan teknis," kata Mudarta.

Lebih jauh Mudarta menjelaskan proses fit and proper tes tidaklah mudah karena banyak dari Calon Ketua DPD Partai Demokrat dari propinsi lain yang mengikuti tes and proper tes mendapat pertanyaan mendalam dari 18 propinsi mendapatkan pertanyaan pendalaman dari Ketum AHY.

"Selagi lagi saya bersyukur kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa karena materi yang saya sajikan baik visi misi yang saya sajikan dalam tes and proper tes dalam program kerja 2021-2026 sudah memenuhi syarat sesuai yang diharapkan tim tiga DPP Partai Demokrat sehingga tidak ada pendalaman pertanyaan lagi," jelas Mudarta seraya mengucap syukur.

Setelah ditetapkan sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Bali, politisi asal Jembrana itu menerangkan proses selanjutnya ia bersama tim formatur yang terdiri lima orang yakni dirinya sebagai ketua formatur merangkap anggota formatur, Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron sebagai sekretaris formatur merangkap anggota dan anggota formatur ada tiga yakni Ketut Ridet dari unsur DPD Demokrat Bali demisioner, I Wayan Wardana dari unsur DPC dan I Komang Carles yang juga sebagai anggota formatur dari DPC.

"Formatur bekerja maksimal 14 hari untuk melengkapi susunan kepengurusan DPD Partai Demokrat Bali masa bakti 2021-2026,"  terang Mudarta.

Sebelum melalui fit dan proper tes oleh Tim Tiga DPP Partai Demokrat, sebelumnya petahana Ketua DPD Partai Demokrat Bali ini diusulkan 9 DPC se-Bali dalam Musda IV Partai Demokrat Provinsi Bali di Ruang Rama Sita Hotel Grand Bali Beach Bali Sanur, Denpasar, Rabu malam (17/11/2021).

Dalam Musda IV Partai Demokrat Bali terdapat 11 pemilik hak suara yang berhak memilih Ketua DPD Partai Demokrat Bali yakni 9 suara milik Ketua DPC Kabupaten/Kota, satu suara Ketua DPD Demokrat Bali yang dalam hal ini tentu milik Mudarta selaku petahana dan satu suara dari DPP Demokrat.

Mudarta tampil sebagai calon tunggal dalam Pemilihan Ketua DPD Demokrat Bali sehingga dalam Musda tersebut ia diusulkan secara aklamasi. Mudarta yang dikenal sebagai pengusaha sukses ini sebelumnya tercatat sudah dua periode memimpin Partai Demokrat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Bali periode 2011-2016 dan 2016-2021.

Seperti diberitakan Baliberkarya.com sebelumnya, sebelum terpilih tiga periode sebagai Ketua DPD Demokrat Bali, pada Selasa siang (16/10/2021) Mudarta didampingi Bendahara Made Sada dan jajaran pendukungnya serta sejumlah Ketua dan Pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten/Kota se-Bali menyerahkan berkas pendaftaran lengkap yakni delapan item syarat pendaftaran yang diserahkan dan dinyatakan lengkap oleh Ketua Panitia Pengarah (SC) Musda IV DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Putu Suasta bersama Sekretaris I Dewa Nyoman Sukrawan di Kantor DPD Partai Demokrat Provinsi Bali di Renon, Denpasar.

Adapun beberapa persyaratan yang dimaksud diantaranya surat keterangan sehat Jasmani & rohani dan bebas dari narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Kemudian surat pernyataan tidak sedang menjalani proses hukum tetap dan pelanggaran pidana dari instansi yang berwenang serta tidak melanggar konstitusi dan kode etik Partai Demokrat.

Selain itu, Mudarta juga sudah memenuhi persyaratan lainnya dengan menyerahkan surat dukungan /rekomendasi sekurang-kurangnya 20 persen (dua puluh persen) dari jumlah Pemegang Hak Suara Sah dimana Mudarta menyerahkan surat dukungan dari sembilan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten/Kota se-Bali.

Hal ini sebagai bukti semua Ketua DPC seluruh kabupaten/kota selaku pemegang hak suara kompak dan bulat mendukung Mudarta untuk maju kembali sebagai Bakal Calon Ketua DPD Partai Demokrat Bali untuk ketiga kalinya. Berbagai syarat tersebut menjadikan Mudarta sebagai calon tunggal untuk bisa dipilih kembali sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Periode 2021-2026.(BB).


TAGS :

Komentar