Dinas Kesehatan Jembrana Siapkan Layanan Akupresur di Pameran, Sinergi Dengan Pengusada Bali

Ket Poto, Kadis Kabupaten Jembrana dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata

Baliberkarya.com – Jembrana. Dalam Pameran Produk Pertanian dan UMKM Tingkat Provinsi Bali di Kabupaten Jembrana, Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana ikut memeriahkan pameran dengan membuka stand layanan akupresur yang sebelumnya sudah tersedia di semua puskesmas di Kabupaten Jembrana.

Pameran yang berlangsung selama 3 hari tersebut yang menyediakan berbagai produk pertanian dan produk UMKM Jembrana,  dibuka langsung oleh Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (IPAT) bertempat di Parkir Pemkab Jembrana. Kali ini Dinas Kesehatan Jembrana melibatkan tenaga penyehat (Pengusada Bali) di stand tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata mengatakan, dalam pameran tersebut Pemkab Jembrana melalui Dinas Kesehatan bersinergi dengan pengobatan dengan usada bali. Di stand ini pihaknya mengedepannya pelayan akupresur. Layanan ini merupakan sebuah jenis akupuntur akan tetapi dalam metode akupresure kita menggunakan tekanan tangan pada titik-titik anatomi tubuh manusia  yang sering disebut terapi tangan

“Layanan ini sudah ada di setiap puskesmas dan semua tenaga nakes sudah dilatih akupresure. Disamping itu selama 3 hari pameran ini kita gilir seluruh puskesmas se-Jembrana untuk menampilkan layanan yang kita sediakan.Disamping itu juga kita menyediakan 1 orang penyehat (pengobatan usada) yang memberikan ramuan disetiap puskesmas untuk ikut berjaga di stan kita,” terangnya. Rabu (24/11/2021).

Perlu diketahui, lanjut Oka, dinas kesehatan Kabupaten Jembrana bersinergi dengan pengusada di seluruh Jembrana yang sudah tercatat berjumlah 480 penyehat atau pengusada. Dalam hal ini penyehat mempergunakan metoda baik jenis keterampilan maupun dengan jenis ramuan yang sudah terbukti secara ilmiah penyembuhannya.

“Penyehat bukannya dukun yang berifat negatif, melainkan dukun penyehat dalam penyembuhkan penyakit dan sebagai pelengkap untuk melengkapi pengobatan medis. Jenis ketrampilan yang di tonjolkan oleh penyehat berupa jenis ketrampilan memijat dan penyehat memakai sarana ramuan tradisional. Disamping itu penyehat juga melakukan pengobatan hipnotrafi untuk mempercepat penyembuhan pasien,” uraiannya. (BB)


TAGS :

Komentar