Capaian Terbaik, Mobil Agnijaya Tim Weimana Unud Juara 2 Katagori Urban Motor Listrik dalam Final Kontes Mobil Hemat Energi 2021

Baliberkarya.com-Denpasar. Tim Weimana Udayana berhasil mendapatkan Juara 2 Kategori Urban Kelas Motor Listrik dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021. Pada 19 November 2021, Mobil Agnijaya buatan UKM Weimana Udayana berhasil finish setelah percobaan ke 2 race pada tahap Final KMHE 2021 yang diselenggarakan di Sirkuit Gelora Bung Tomo Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kegiatan rutin agenda Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia ini bertujuan untuk terus menggali inovasi di bidang penghematan energi pada kendaraan. Selain itu, dengan diselenggarakannya KMHE 2021 diharapkan mampu memberikan sumbangan solusi pengembangan teknologi pemanfaatan energi dengan mendorong mahasiswa untuk turut berperan aktif dalam menjaga kesinambungan dan ketahanan energi nasional melalui rancang bangun kendaraan yang irit, aman serta ramah lingkungan.

Kegiatan yang disenggarakan oleh Puspresnas Kemendikbudristek bekerjasama dengan Universitas Negeri Surabaya ini mengundang mahasiswa dari seluruh Universitas/Institut/Politeknik di Indonesia pada dua kategori perlombaan yaitu Prototype dan Urban Concept, masing- masing dengan 4 kelas engine yaitu Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline, MPD Diesel, MPD Etanol, dan Motor Listrik.

Setelah melewati 2 tahapan seleksi awal hingga tim Weimana Udayana lolos tahap Final, Tim Weimana harus bersaing dengan 4 tim terpilih yang lolos Tahap Final KMHE kategori Urban kelas Motor Listrik. Dan setelah melalui kompetisi yang sengit, Tim Weimana dengan mobil Agnijaya berhasil mendapatkan gelar Juara 2 Kategori Urban Kelas Motor Listrik. Hal ini merupakan salah satu capaian terbaik Weimana dalam ajang KMHE setelah beberapa kali sempat ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Bima Permana selaku Ketua UKM Weimana Universitas Udayana menyatakan ini merupakan pencapaian dan pengalaman terbaik kami saat ini di ajang KMHE. Menurutnya, hal ini bukan akhir dari perjuangan timnya, dengan pengalaman yang ada timnya akan terus memberikan yang terbaik dalam setiap kompetisi yang akan diikuti selanjutnya. 

"Tak henti-hentinya ucapan terima kasih saya ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Universitas Udayana, dan seluruh sponsor resmi serta teman- teman Tim Weimana Udayana yang telah berjuang bersama-sama hingga gelar Juara 2 Kategori Urban Kelas Motor Listrik bisa kita dapatkan,” ungkap Bima. 

Sementara, Pembina UKM Weimana, I Gusti Komang Dwijana, ST., MT mengungkapkan dibawah perubahan cuaca ekstrem yang begitu cepat terjadi dari panas ke hujan dalam sehari membuat daya tahan dan kondisi mobil menjadi tidak stabil, namun hal itu dapat terobati dengan prestasi yang didapatkan. Besar harapannya kedepannya semoga Tim Weimana Udayana mampu memperoleh prestasi yang lebih baik lagi dalam setiap kompetisi yang akan diikuti baik tingkat nasional hingga internasional.

"Kita bersyukur mobil Agnijaya dari Tim Weimana Udayana bisa menyelesaikan lomba meskipun masih dibawah Nogogeni ITS Team untuk tahun ini. Sedangkan team yang tangguh dan menjuarai tahun-tahun sebelumya berguguran. Untuk team Weimana Udayana, tingkatkan kekompakan dan kerjasamanya untuk memperbaiki dan menggali prestasi yang lebih baik ke depannya,” harapnya.(BB). 


TAGS :

Komentar