Sumbangkan 1 Juta liter Air Bersih, Om Rob Tuntaskan Run2Bali 18 Hari Berlari dari Jakarta ke Bali

Foto: Robert Spour yang akraab disapa Om Rob saat tuntaskan Run2Bali dan berfoto di Pantai Seminyak, Badung, Bali.

Baliberkarya.com-Badung. Dengan menempuh jarak 1.433km dalam 18 hari (2 maraton per hari), pria berusia 60 tahun bernama Robert Spour yang akraab disapa Om Rob akhirnya menuntas misi sosial kemanusiaan bertajuk “Run2Bali” berlari dari Jakarta ke Denpasar, Bali.

Om Rob yang merupakan Founder Tupai Pandai, seorang komposer dari Austria, seniman media dan pembuat film yang tinggal di Indonesia selama 18 tahun ini memulai larinya pada 1 September 2021 dari Cikampek Jakarta dan finis di Pantai Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Sabtu sore, 18 September 2021.

Aksi Run2Bali ini dilakukan Om Rob mendapat dukungan dari Bloom Helps dalam rangka menggalang bantuan “Water for Sumba”, bantuan 1 juta liter air minum ke Sumba Timur, sebuah wilayah yang menderita kekeringan ekstrim.

Om Rob membuat awareness dan mengumpulkan donasi untuk kegiatan amal kedua ini dengan bersama Bibi Punky. Mereka berencana mengirimkan 1 juta liter air bersih ke Sumba Timur dimana ada kurang lebih 50.000 anak tidak punya atau terbatas akan akses ke air bersih.

Untuk Tupai Pandai, Om Rob sudah tiga kali bersepeda dari Jakarta ke Bali. Dia juga seorang pelari yang bersemangat. Tur Run2Bali sejauh ini merupakan tantangan terbesar baginya dan belum pernah dilakukan sebelumnya.

“Saya senang bisa menyelesaikan lari maraton menembus batas saya dan pada November nanti kami akan kirimkan 1 juta liter air bersih ke Sumba Timur,” ungkap Om Bob.

Om Rob menjelaskan aksi sosial yang dilakukan bersama Bibi Punky dan Bloom Helps dilatarbelakangi keprihatian atas kondisi yang terjadi Pulau Sumba yang berada di wilayah timur Indonesia yang sering dilanda kekeringan parah. Terutama anak-anak yang paling terpengaruh oleh kurangnya gizi dan kurangnya sanitasi.

Om Rob bersama Bibi Punky dan Bloom Helps ingin membantu untuk menyediakan air minum yang bersih untuk kurang lebih 50.000 anak di Sumba Timur. “Selain itu, kami juga akan membagikan seperangkat alat kebersihan Covid-19 dan perlengkapan sekolah,” imbuh Bibi Punky yang dalam perjalanan menemani Om Rob menuntaskan misi lari Jakarta-Bali selama 18 hari ini.

Aksi misi sosial ini merupakan yang kedua bagi Om Rob bersama Bibi Punky. Sebelumnya pada tur terakhir mereka pada Maret 2021, Om Rob dan Bibi Punky bersepeda dari Jakarta ke Bali. Mereka membagikan 2.500 tas berisi perlengkapan kebersihan, masker, perlengkapan sekolah, dan kalender Covid-19 yang berisi tips hidup sehat kepada anak-anak di Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dan Bali.

Sementara dalam lari Jakarta-Bali kali ini mereka juga punya misi khusus untuk membangun awareness (kesadaran) menginspirasi dan mengedukasi anak-anak dan masyarakat umum agar hidup bersih. Di setiap tempat yang dilalui, jika menemukan ada sampah misalnya di sungai, Om Rob langsung memungutnya dan mengedukasi warga sekitar agar menjaga dan mencintai lingkungan.

“Saya ajak generasi muda, anak-anak kita agar hidup sehat, makan makanan sehat dan bernutirisi serta yang terpenting menjaga lingkungan, jangan buang sampah sembarangan,” terang Om Rob yang merupakan founder Tupai Pandai ini.

Untuk diketahui, Tupai Pandai adalah sebuah gerakan sosial yang dimulai pada tahun 2017. Tujuan utama Tupai Pandai adalah membantu  mengedukasi anak-anak Indonesia tentang pentingnya hidup sehat dan juga menjaga lingkungan sekitar. Selanjutnya Tupai Pandai semakin aktif ketika anak-anak terkena bencana alam atau bentuk-bentuk musibah lainnya.

Dalam aksi lari 18 hari Om Rob ini, Tupai Pandai mendapatkan dukungan dari Bloom Helps yang merupakan platform CSR dari perusahaan PT Bloomindo Bumi Energi (BLOOM). Tujuan Bloom Helps adalah untuk membantu masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kehidupan yang lebih baik, mendukung orang-orang yang kurang beruntung yang membutuhkan perawatan kesehatan dan pendidikan untuk anak-anak di Indonesia.

“Kami mempercayakan Tupai Pandai dalam merealisasikan visi dan misi dari Bloom Helps untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Karenanya kami dukung aksi Tupai Pandai dan Om Rob lari Jakarta-Bali untuk membantu mengirimkan 1 juta liter air bersih ke Sumba Timur agar anak-anak disana mendapatkan akses air bersih,” ungkap Andrew Chu, Managing Director Bloom.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memicu awareness (kesadaran) masyarakat agar mereka juga terinspirasi membantu mengatasi masalah sosial seperti kriris air bersih. “Masalah krisis air bersih di Sumba Timur ini masalah penting yang jangan sampai terlupakan. Mudah-mudahan dengan event Run2Bali ini orang-orang bisa lebih aware dengan kegiatan Water for Sumba yang akan kami lakukan di bulan November ini,” harap Andrew Chu mengakhiri.(BB). 


TAGS :

Komentar