Temui Korban Banjir dan Longsor, Sudirta Bantu Sembako Serta Sejumlah Dana Taliasih Warga di Desa Telagatawang

  21 Juni 2021 TOKOH Karangasem

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Sehari setelah penyerahan sumbangan beras dan dana taliasih untuk 21 penyandang disabilitas di Kecamatan Abang, Karangasem, Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Wayan Sudirta, yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Senin (21/6), kembali turun langsung menemui korban bencana banjir dan longsor Desa Telagatawang, Kecamatan Sidemen, yang mengalami kerusakan paling parah. 

Selain Relawan, penyerahan sembako yang terdiri beras, telur, minyak goreng, mi instan, air mineral, roti Kong Ghuan, gula pasir, sabun cuci, dan lainnyaa serta sejumlah dana taliasih tersebut, Sudirta didampingi Perbekel Desa Telagatawang, Wayan Muja Arsana, kelihan Banjar Dinas Kebung Kauh Wayan Sukayasa, Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Sidemen Made Danok, Relawan PDIP Soma Jayadi, juga Wayan Ariawan, yang selain Relawan Sudirta juga Bendahara PAC PDIP Kecamatan Rendang.

Adapun warga korban bencana menerima kehadiran Sudirta bersama keluarganya, nampak sangat terharu. Diantara korban bencana tersebut, dari Banjar Dinas Kebung Kauh adalah I Putu Suarna, yang rumahnya tertimbun longsor. Bahkan anaknya sempat tertimbun longsor, namun syukur mampu menyelamatkan diri dari timbunan. 

Korban kedua I Wayan Pageh, korban ketiga menimpa Merajan Alit Dadya Pulasari Dusun Kebung. Dan korban keempat menimpa Ketut Alit di Banjar Telagatawang, yang Penyengker dan Pelinggih ‘’merajan’’ (tempat persembahyangan keluarga) amblas dan roboh. 

Masing-masing rata-rata mengalami kerugian senilai Rp 17 juta sampai Rp 25 juta. Mereka mengalami kerusakan sangat parah dan tetap kuat bertahan. Namun, masih bersyukur karena tidak ada korban jiwa, walaupun bencana longsor terjadi diatas pukul 01.30 dinihari.

Selain merusak rumah warga, banjir karena hujan deras pada Kamis (27/6) tersebut menghancurkan sejumlah jalan antar desa, jalan kabupaten, jembatan desa, dan sejumlah rumah warga yang berada di kemiringan yang cukup tajam di Kecamatan Sidemen. 

Selain pohon tumbang dan menghanyutkan harta benda juga terlihat sampah plastik yang merusak lingkungan hidup. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta.

Mendapat kunjungan dan sumbangan dari wakil rakyat yang putra daerah Karangasem itu, para korban terlihat sangat terharu. 

"Kami dan keluarga mengucapkan terimakasih karena Pak Sudirta sudah menengok kami," kata Wayan Pageh, disaksikan warga lainnya.

Perbekel Desa Telagatawang, Wayan Muja Arsana, menyampaikan terimakasih atas nama warga, karena Anggota DPR RI Wayan Sudirta turun langsung membawa sumbangan dan menjenguk kondisi korban, langsung ke rumah mereka di lokasi longsor.

"Kunjungan dan sumbangan ini sangat berarti, di tengah warga yang juga kena pandemi, membesarkan hati warga, bahwa ada wakil rakyat yang memperhatikan dan peduli, mengulurkan bantuan dan perhatian. Semoga semua wakil rakyat mempedulikan warganya, apalagi di saat ada bencana seperti ini," tutup Muja Arsana.(BB).