Bupati Bangli Sedana Arta Buka Rakon dan Rakerda PKK Tahun 2021

  02 Juni 2021 PERISTIWA Bangli

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Jembrana - Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE., membuka Rapat Konsultasi (RAKON) dan Rakerda PKK Kabupaten Bangli tahun 2021. Pembukaan Rakon dan Rakerda ini hadir Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta dan Pimpinan OPD yang terkait di lingkungan Pemkab Bangli, Rabu, 2/6/2021 di ruang pertemuan Utama RSU Bangli. kegiatan ini diikuti oleh Ketua TP PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Bangli.

Ketua panitia I Dewa Ayu Pusparini, A.Md.Keb., dalam laporannya mengatakan, kegiatan Rapat Konsultasi ini bertujuan untuk mewujudkan sinergitas program TP PKK tahun 2021 baik lintas wilayah maupun sektoral dan untuk mengevakuasi kegiatan TP PKK untuk penyempurnaan dan sebagai pedoman pelaksanaan pada tahun berikuitnya. 

Hasil yang diharapkan dalam Rakon dan Rekerda ini agar dapat mengetahui program prioritas tahun 2021 dan rencana kerja TP PKK Kabupaten Bangli tahun 2022 serta kelola kelembagaan PKK dan Rencana Kerja TP PKK Kabupaten Bangli tahun 2021-2024 termasuk rencana pencanangan gerakan nasional Keluarga Pelopor Perubahan yang akan dilaksanakan dari tingkat Pusat sampai Daerah pada tahun 2021. Peserta juga dapat lebih memahami tugas pokok dan fungsinya baik sebagai pelaku aktif maupun pasif dalam pelaksanaan program kegiatan PKK yang lebih fokus, tulus dan lurus. 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta mengatakan Rakon merupakan agenda rutin tahunan, yang bertujuan untuk menyusun strategi gerakan PKK, mensosialisasikan dan penyampaian program prioritas tahun 2021 dan rencana kerja tim penggerak PKK Kabupaten Bangli tahun 2022, serta menyelaraskan program kerja gerakan PKK mulai dari tingkat provinsi sampai di tingkat desa kedepannya. Sedangkan rakerda merupakan agenda 5 tahunan yang dilaksanakan dalam rangka menyampaikan hasil Rakernas IX PKK Tahun 2021. 

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran TP PKK, walaupun dalam situasi pandemi covid-19 masih tetap bekerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas dalam upaya melaksanakan program PKK secara hirarkis sesuai dengan tugas dan wewenangnya. 

Kelembagaan PKK adalah salah satu lembaga strategis dilihat dari struktur kelembagaannya, dimana TP PKK dibentuk secara berjenjang mulai dari pusat sampai dengan desa/kelurahan bahkan dibawahnya dibentuk kelompok dasa wisma sebagai ujung tombak yang paling dasar dalam pelaksanaan programnya. 

Ditambahkannya salah satu agenda yang tentunya mengacu pada program PKK Pusat dan Provinsi yang menjadi prioritas di Kabupaten Bangli adalah mengharmonisasi dan mensinkronisasikan kegiatan pada sekretariat dan masing-masing pokja, baik pokja I,II,III dan IV. Diantaranya adalah pemanfaatan tanah pekarangan melalui HATINYA PKK yaitu Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman. 

Besar harapan kami tanah pekarangan dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan menanam tanaman yang bermanfaat bagi keluarga dan bernilai ekonomis, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini diharapkan mampu mengurangi pengeluaran keluarga dan pada muaranya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Bangli. 

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE., dalam sambutannya mengatakan kelembagaan PKK memiliki potensi yang luar biasa untuk mendukung program-program pembangunan, melalui gerakan masif dan terstruktur, oleh karenannya, gerakan PKK harus mengikuti perkembangan situasi dan kondisi. 

Gerakan PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang memiliki akses terdekat dengan sasaran keluarga dalam konsep pemberdayaan masyarakat, ke depan diharapkan ikut berpartisipasi aktif merumuskan kebijakan pemerintah untuk mempercepat pembangunan SDM dan wilayah, "tentu dengan mengembangkan konsep pendekatan yang berbasis keluarga karena gerakan PKK satu-satunya yang memiliki akses terdekat dengan keluarga sebagai kelompok sasaran program tersebut," jelasnya.

Pihaknya berharap PKK tetap bekerja dengan fokus, tulus dan lurus dengan selalu mempertajam program-program prioritasnya, pada upaya pemberdayaan keluarga melalui aktifitas yang kreatif, inovatif dan produktif. Disisi lain pihaknya berharap agar TP PKK sampai pada tingkat kecamatan, desa/kelurahan dengan segenap jajarannya secara proaktif mengembangkan program-program yang inovatif untuk turut serta mengatasi isu-isu strategis yang berkembang. 

"Ditambahkannya, dengan berdasarkan visi Bupati Bangli yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana kita wujudkan Bangli Era Baru agar selalu dijadikan landasan dan pedoman dalam setiap merumuskan program maupun kegiatan gerakan PKK kedepan," imbuhnya.