Lepas Burung Hantu Basmi Hama Tikus, Gus Adhi bersama Ketua MPR RI dan Ketua Depinas SOKSI Bantu Petani Bangun Pertanian Alami

  29 Januari 2021 TOKOH Tabanan

Foto: Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Bali AA Bagus Adhi Mahendra Putra yang juga Ketua Depidar SOKSI Provinsi Bali bersama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), Ketua Umum Depinas SOKSI Ahmadi Noor Supit, Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI Bobby Suhardiman melepas burung hantu di Subak Gunung, Banjar Gunung, Desa Penebel, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Jumat sore (29/1/2021).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Tabanan. Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) yang juga Ketua Depidar Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Provinsi Bali membantu para petani membangun pertanian yang selaras dengan alam dan pertanian organik di Bali.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra yang akrab disapa Gus Adhi bersama SOKSI Bali kembali membantu para petani subak melakukan rekayasa ekologi untuk membasmi hama tikus dengan burung hantu. Kali ini, pelepasan burung hantu sebagai predator alami bagi hama tikus di lahan pertanian subak dilakukan di Subak Gunung, Banjar Gunung, Desa Penebel, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Jumat sore (29/1/2021).

Burung hantu ini dilepas langsung Gus Adhi bersama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI) Ahmadi Noor Supit, Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI Bobby Suhardiman yang disaksikan para petani di Subak Gunung, Banjar Gunung, Desa Penebel, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan.

Kali ini, total enam ekor atau tiga pasang burung hantu (tiga jantan dan tiga betina) yang dilepas di lahan subak seluas 20 hektar dengan jumlah petani 45 KK ini. Pelepasan burung hantu di Subak Gunung ini bekerjasama dengan  Komunitas Bhakti Ring Pertiwi (B-Riper) selaku komunitas pengelola karantina burung hantu di Banjar Dukuh, Desa Penebel, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan.

Perwakilan dari Komunitas Bhakti Ring Pertiwi (B-Riper) Putu Partayasa menerangkan burung hantu atau yang dikenal juga dengan Tyto Alba merupakan predator alami bagi hama tikus di lahan pertanian. 

"Kita lepas 6 ekor atau 3 pasang agar bisa burung hantu ini berkembang biak secara alami membantu petani menghilangkan hama tikus dipuluhan hektar lahan milik warga," ucap Putu Partayasa yang akrab disapa Putu Leong ini.

Sementara, Gus Adhi menceritakan bahwa dirinya telah turun di Desa Penebel, Tabanan sejak tahun 2010 saat dirinya belum menjadi wakil rakyat di DPR RI. Hal itu dilakukannya untuk membangun kesadaran masyarakat menjalankan pertanian dengan melestarikan budaya dan beralih ke pertanian organik.

"Saya hadir membina petani agar mau bertani organik. Menjaga pertanian sealami mungkin tanpa ada bahan kimia dan menggunakan predator alami seperti burung hantu untuk membasmi hama tikus," kata Gus Adhi yang juga dikenal sebagai Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, lingkungan hidup, kehutanan dan kelautan ini.

Lebih jauh Anggota Fraksi Golkar DPR RI ini menerangkan bahwa pihaknya melepas burung hantu di Subak Gunung ini untuk membantu menjaga pertanian dari hama tikus. Menurutnya, satu pasang burung hantu bisa menjaga 20 hektar sawah dan berburu tikus di malam hari.

“Kita melakukan pola dari alam untuk alam, bersinergi dengan alam. Mudah-mudahan dengan pola ini kita bisa menjaga alam," terang tokoh asal Kerobokan ini.

Gus Adhi juga menyampaikan apresiasi atas kehadiran Komunitas Bhakti Ring Pertiwi (B-Riper) yang telah melatih burung hantu untuk berburu hama tikus untuk membantu para petani tersebut. 

“Disinilah diperlukan kehadiran pemerintah mengapresiasi keterampilan masyarakat seperti yang dimiliki B-Riper. Kami hadir disini mengapresiasi itu,” jelas Ketua Harian Depinas SOKSI ini.

Gus Adhi juga merasa bahagia dengan kehadiran Ketua MPR RI bersama Ketua Depinas SOKSI dan jajaran melihat langsung pelepasan burung hantu ini dan memberikan dukungan kepada petani. 

SOKSI dengan penuh keterbatasan, namun karya besar terus diciptakan," ungkap politisi Golkar asal Kerobokan, Badung itu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi dan menyambut baik pola yang dilakukan Gus Adhi dalam membantu petani mengatasi hama tikus yakni dengan melepas burung hantu. Menurut Bamsoet, hal ini bentuk upaya pelestarian kearifan lokal yang patut didukung dan dikembangkan di tengah kemajuan teknologi yang ada.

“Luar biasanya satu pasang bisa mengawasi 20 hektar sawah. Semua perburuan tikus bisa cepat seiring dengan pertumbuhan padinya,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Apresiasi serupa juga disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI) Ahmadi Noor Supit. Baginya apa yang dilakukan Gus Adhi selaku Ketua Depidar SOKSI Provinsi Bali sekaligus Ketua Harian Depinas SOKSI serta sebagai Anggota DPR RI dapi Bali merupakan sebuah karya nyata yang sangat dirasakan manfaat oleh masyarakat khususnya para petani. 

Terkait kepedulian nyata dan bantuan ini, Perbekel Desa Penebel I Gusti Agung Ketut Sastrawan menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan Ketua MPR RI, Gus Adhi dan jajaran SOKSI dalam memberikan perhatian kepada petani di Desa Penebel.(BB).