Siapkan Atlit Sejak Dini, DPRD Bali Kaji Perda Inisiatif Dewan

  11 Januari 2018 OPINI Denpasar

Baliberkarya.com

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Wakil Ketua DPRD Bali Nyoman Sugawa Korry mengungkapkan, sudah saatnya pemerintah daerah (Pemda) Bali dan masyarakat Bali menangani pemberdayaan keolahragaan di Bali secara lebih terarah, terencana dan berkesinambungan.
 
Sehingga prestasi olahraga dalam berbagai penghelatan olahraga, baik daerah, nasional dan internasional lebih bisa ditingkatkan. Disamping yang lebih penting bagaimana memasyarakatkan olahraga, sehingga olahraga bisa menjadi gaya hidup masyarakat.
 
"Bagaimana bisa diwujudnyatakan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari dan juga bagaimana pemerintah mempersiapkan masa depan para atlit serta perlakuan pemerintah terhadap para atlit berprestasi setelah mereka tidak sebagai atlit lagi," ungkapnya, Kamis 11 Desember 2018.
 
Hal ini sangat penting untuk dikaji dan dipersiapkan secara matang diawali dengan mempersiapkan aspek regulasi berupa peraturan daerah, katanya. 
 
"Untuk itu saya mengkoordinir Komisi IV dengan Ketuanya pak Nyoman Parta serta anggota melaksanakan serangkaian diskusi dan menyerap masukan atau kajian dengan Dispora Jawa Timur (Jatim), KONI Jatim dan pakar-pakar olahraga di Jatim Rabu (10/1/2018) kemarin," jelasnya.
 
Dari masukan yang ada, imbuhnya, mengingat di Bali juga sudah ada OPD terkait yaitu Dispora Provisi, maka sangat penting disiapkan aspek regulasinya atau Perda sehingga bisa diatur aspek penyiapan atlit dalam usia dini oleh Dispora dan sekolah-sekolah.
 
"Pembinaan atlit pada tingkat lebih lanjut oleh KONI dan lembaga terkait, perkuatan aspek dukungan anggaran baik APBD maupun partisipasi masyarakat, serta bagaimana perlakuan pemerintah bersama stakeholder terhadap para mantan atlit. Kami berharap komisi IV nantinya menindaklanjuti dalam bentuk Perda inisiatif dengan diawali melaksnakan kajian akademis yang melibatkan akademisi dan stakeholder di bidang olahraga," pungkasnya.(BB)
 
 
BACA JUGA :