Dorong Proses Digitalisasi di Daerah

Transformasi Non Tunai 'QRIS' Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah

Oleh : Baliberkarya.com | 07 November 2019 | Dibaca : 1909 Pengunjung

Transformasi Non Tunai 'QRIS' Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah

sumber foto :Baliberkarya

Baliberkarya.com-Denpasar. Untuk mendorong implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) sebagaimana telah didorong melalui penerbitan Surat Edaran Mendagri Nomor 910/1866/SJ tanggal 17 April 2017 tentang Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Propinsi Bali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Nasional Transaksi Non Tunai. 
 
 
Rakor dengan tema “Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Non Tunai” ini dihadiri langsung oleh Gubernur Bali, Wayan Koster, Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni, Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara, Ketua DPRD Denpasar, Pimpinan OJK, Pimpinan Pemerintah Daerah, Direktur Utama BPD Bali, serta Direktur Utama Perbankan.
 
"Kami meyakini dengan transformasi kearah non tunai, akan mendorong proses digitalisasi didaerah serta berpotensi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui penguatan sistem monitoring pajak dan retribusi daerah serta pelaporan," kata Kepala KPwBI Propinsi Bali, Trisno Nugroho di Hotel Prama, Sanur, Denpasar, Kamis (07/11/2019).
 
Pihaknya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai bentuk upaya dan komitmen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam mendukung inisiatif Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP). 
 
"Hal ini merupakan wujud nyata. Selain itu tentu saja, non tunai juga akan semakin meningkatkan efektivitas layanan publik, efisiensi, kesehatan fiskal, perekonomian, mendukung transparansi dan governance Pemerintah," jelasnya. 
 
 
Untuk mendukung hal tersebut, Bank Indonesia bersama Kemendagri dan kementerian terkait lainnya dalam Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia (Rakorpusda) pada tanggal 28 Mei 2019 menyepakati elektronifikasi transaksi Pemda sebagai program strategis yang akan diperkuat kedepannya. Penguatan tersebut ditujukan guna mendorong inovasi dan perluasan ETP sesuai prinsip aman, efisien, dan terjangkau, yang dilakukan melalui 4 inisiatif utama.
 
Ket Foto: Kepala KPwBI Propinsi Bali, Trisno Nugroho
 
Menurutnya, adanya Peraturan Presiden (Perpres) yang direncanakan akan diterbitkan pada 2020 akan memperkuat landasan hukum implementasi ETP. Sebagai quickwin (target antara) sebelum Perpres tersebut diterbitkan, akan ditandatangani Nota Kesepahaman (NK) ETP. 
 
Dengan adanya NK tersebut, akan menjadi underlying pembentukan Pokjanas dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), yang merupakan forum koordinasi vertikal dan horizontal dalam rangka mendorong inovasi, mempercepat dan memperluas pelaksanaan ETP, serta mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital. 
 
"NK ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang merupakan penjelasan teknis dari NK untuk pembentukan Pokjanas dan TP2DD," jelasnya. 
 
Untuk semakin memotivasi Pemda dalam mendorong inovasi dan perluasan ETP akan diselenggarakan kegiatan championship secara bertahap yang direncanakan mulai diimplementasikan pada 2020, pasca terbentuknya TP2DD oleh Pemda dan Kantor Perwakilan BI di daerah. Kegiatan ini akan diikuti oleh TP2DD Provinsi dan TP2DD Kota/kabupaten. Pada tahap awal, championship akan diikuti oleh seluruh TP2DD provinsi. 
 
Sementara pada tahap selanjutnya, kegiatan ini akan melibatkan TP2DD Kota/kabupaten. Nantinya kepada pemenang championship akan diberikan insentif untuk memotivasi sebagaimana diterapkan pada championship Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang sudah berjalan selama ini.  
 
"Dalam rangka mendukung inovasi di bidang sistem pembayaran, Bank Indonesia beberapa waktu telah me-launching QR Indonesia Standard (QRIS) yaitu standard pembayaran ritel dengan menggunakan QR Code sebagai kanal pembayaran yang efisien, murah, mudah, aman, dan tercatat serta interoperable. Kami meyakini penggunaan QR sebagai sarana pembayaran e-retribusi menjadi inovasi solusi yang efisien, aman, dan tercatat serta memberikan kemudahan bagi masyarakat," tandasnya. 
 
 
Sementara itu, menurut Gubernur Bali, Wayan Koster, sebagai bentuk tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Surat Edaran Mendagri No: 910/1866/SJ/tanggal 17 April 2017 yang berdasar pada Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017.
 
"Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Instruksi Presiden RI Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, Provinsi Bali secara bertahap telah melaksanakan implementasi Transaksi Non Tunai dalam Pengelolaan Keuangan Daerah sejak 1 Januari 2018," ujarnya.
 
 
Baginya, Implementasi transaksi non tunai tersebut menunjukkan bahwa Provinsi Bali dengan sungguh-sungguh mendukung elektronifikasi, salah satunya guna  mewujudkan visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana yang  mengandung  makna Menjaga Kesucian dan Keharmonisan Alam Bali Beserta Isinya, Untuk Mewujudkan Kehidupan Krama Bali Yang Sejahtera dan Bahagia, Sakala-Niskala Menuju Kehidupan Krama dan Gumi Bali Sesuai Dengan Prinsip Trisakti Bung Karno: Berdaulat secara Politik, Berdikari Secara Ekonomi, dan Berkepribadian dalam Kebudayaan Melalui Pembangunan Secara Terpola, Menyeluruh, Terencana, Terarah, dan Terintegrasi Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila 1 Juni 1945, guna mewujudkan Sistem Tata Kelola Pemerintahan Daerah Yang Efektif Efisien, Terbuka, Transparan, Akuntabel Dan Bersih Serta Meningkatkan Pelayan Publik Terpadu Yang Cepat, Pasti Dan Murah.
 
"Dalam mencapai tujuan tersebut, Pemerintah Provinsi Bali tentunya tidak lupa mengucapkan terima kasih secara khusus kepada Bank Indonesia dan Bank Pembangunan Daerah Bali yang telah senantiasa mendukung serta memfasilitasi guna memastikan implementasi transaksi non tunai pada Pengelolaan Keuangan Daerah dapat berjalan lancar," jelasnya.
 
Pihaknya mengharapkan acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga mampu menciptakan satu pandangan yang sama dalam Pengelolaan Keuangan Daerah berbasis Elektronik, dengan memiliki pandangan yang sama dapat melaju dengan cepat mensukseskan implementasi transaksi non tunai guna mewujudkan Sistem Pengelolaan Daerah yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel untuk Indonesia maju.(BB).


Oleh : Baliberkarya.com | 07 November 2019 | Dibaca : 1909 Pengunjung


TAGS : ekonomi pariwisata bank BI bali baliberkarya




Berita Terkait :

Badung, 19 November 2019 19:45
Kemenaker Gelar Pameran Produk Unggulan 40 UKM Mandiri di Nusa Dua
Baliberkarya.com-Badung. Sekitar 40 kelompok usaha tenaga kerja mandiri (TKM) binaan Kementerian ...
Jembrana, 18 November 2019 20:56
Diduga Dipicu Dendam Lama, Kepala Suarta Ditebas Parang hingga Luka Parah
Baliberkarya.com-Jembrana. I Ketut Suarta (40), asal Banjar Pasut, Desa Pengeragoan, Kecamatan Pe ...
Denpasar, 17 November 2019 23:45
Mantap! 'Bebayuhan Sapuh Leger Massal' di Kantor Blue Bird Denpasar Bebas Plastik
Baliberkarya.com-Denpasar. Pihak PT Blue Bird,tbk di Denpasar kembali menggelar bebayuhan Sapuh L ...
Jembrana, 17 November 2019 23:35
Parpol Koalisi di Jembrana Siap 'Keroyok' PDI-P di Pilkada 2020
Baliberkarya.com-Jembrana. Genderang Pilkada Jembrana 2020 mulai ditabuh. Secara mengejutkan munc ...
Jembrana, 17 November 2019 23:20
Kabar Gembira! Lomba Foto Kembang Hartawan Berpakaian Adat Dibuka untuk Warga Jembrana
Baliberkarya.com-Jembrana. Kabupaten Jembrana tahun depan akan menggelar Pilkada. Wakil Bupati Je ...
Jembrana, 17 November 2019 23:10
Diduga Gadaikan Mobil Sewaan untuk Berjudi, Diteror! Oknum Lurah di Jembrana Lapor Polisi
Baliberkarya.com-Jembrana. Tidak tahan menerima teror ancaman terus menerus dari para pemilik mob ...
Denpasar, 17 November 2019 23:00
Golkar Jadi Kunci Penentu Kemenangan, Nasdem Minta Dukungan Usung Mas Sumatri 
Baliberkarya.com-Denpasar. Partai NasDem mendatangi Kantor DPD I Partai Golkar Bali untuk berkoal ...
Buleleng, 15 November 2019 00:33
Pasca Diterpa Isu Tsunami, Seririt Diguncang Gempabumi Tektonik M=4.4
Baliberkarya.com-Buleleng. Pasca dikabarkan isu tsunami wilayah Kecamatan Seririt, kabupaten ...
Denpasar, 14 November 2019 21:44
Selain Dihadiri Sejumlah Menteri, Munas Kagama di Sanur Rencananya Dibuka Presiden Jokowi
Baliberkarya.com-Denpasar. Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada atau Kagama menggelar Musyawar ...
Buleleng, 14 November 2019 20:31
Hoak! Isu Tsunami di Seririt Pasca Gempa Bumi M=5.1 SR, Ini Kata BPBD Bali
Baliberkarya.com-Buleleng. Pasca terjadinya gempa bumi yang berkekuatan M=5.1 SR yang dimuktahirk ...


Berita Lainnya :

Denpasar, 20 November 2019 16:27
Libatkan Empat Kabupaten/Kota, Lakukan Kesepakatan Zonasi Kawasan Strategis Sarbagita
Baliberkarya.com-Denpasar. Kawasan Sarbagita (Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan)  merupakan ...
Tabanan, 20 November 2019 16:10
Contoh Para Pejuang Puputan Margarana, Perlu Kebersamaan Dalam Menyejahterakan Masyarakat
Baliberkarya.com-Tabanan. Mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam Perang Puputan pada 20 No ...
Denpasar, 20 November 2019 13:33
Ny. Selly Mantra Berdongeng Dan Ajak Anak Gemar Makan Ikan
Baliberkarya.com-Denpasar. Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) Tahun 2019 yang digelar Peme ...
Denpasar, 20 November 2019 12:51
Tomy Winata Dirugikan 20 Juta Dolar AS, Bos Kuta Paradiso "Melawan"
Baliberkarya.com-Denpasar. Perkembangan kasus dugaan pemberian keterangan palsu dalam akta otenti ...
Denpasar, 20 November 2019 12:44
Harmoni Permata, Sediakan Segala Solusi Kebutuhan IT UMKM hingga Perusahaan "Raksasa"
Baliberkarya.com-Denpasar. Seiring dengan perkembangan industri digital di indonesia, PT. Har ...
Internasional, 19 November 2019 22:41
Miliki 'Kejayaan Sejarah', China Makin Percaya Diri Sebagai Bangsa Supremasi Masa Lalu dan Hari Ini
Baliberkarya.com-Internasional. Rombongan kami mendapat kesempatan untuk melihat dari dekat bagai ...
Internasional, 19 November 2019 22:37
Patut Dicontoh! China Berdayakan Segala Lini Tanpa 'Kebisingan' Politik dan 'Nyiyiran' Publik
Baliberkarya.com-Internasional. Dari beberapa studi yang penulis dapatkan di China, program-progr ...
Internasional, 19 November 2019 22:33
Jaga Soliditas dan Stabilitas, China 'Rebut Hati Masyarakat' Lewat Kebudayaan Sebagai Bagian Penting Pembangunan
Baliberkarya.com-Internasional. Pemerintah China sepertinya benar-benar menyadari kekayaan kultur ...
Internasional, 19 November 2019 22:22
Hebat! China Sulap Gedung Bekas Pabrik Jadi "Working Space" Para Seniman
Baliberkarya.com-Internasional. Sepuluh hari menyelusuri China, penulis tak henti merasakan dentu ...
Jembrana, 19 November 2019 22:17
Sangat Membanggakan! Jembrana Raih Penghargaan Kabupaten Sehat 2019
Balibetrkarya.com-Jembrana. Jelang akhir tahun, Kabupaten Jembrana berhasil menyabet satu lagi pe ...

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 

filme porno porno porno gratis filme porno gratis https://xxnxx.info