STMIK Primakara Rayakan Dies Natalis ke-6 Bersama "Bupati Bares", Giri Prasta Apresiasi Inovasi Technopreneurship Campus

Oleh : Baliberkarya.com | 28 September 2019 | Dibaca : 2697 Pengunjung

STMIK Primakara Rayakan Dies Natalis ke-6 Bersama "Bupati Bares", Giri Prasta Apresiasi Inovasi Technopreneurship Campus

sumber foto :Baliberkarya

Baliberkarya.com-Denpasar. Tak terasa, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara kini sudah memasuki usia yang ke-6 tahun. Di perayaan Dies Natalis ke-6 ini, STMIK Primakara pada Jum'at (27/9/2019) mendatangkan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta untuk memberikan kuliah umum serta penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU).
 
 
Menurut Ketua STMIK Primakara I Made Artana kehadiran Bupati Badung Nyoman Giri Prasta ke kampus yang dipimpinnya itu sebenarnya direncanakan sudah sejak lama. Namun, keinginan itu sempat ditunda karena pihaknya merasa STMIK Primakara harus lebih siap terlebih dahulu.
 
"Sekarang saatnya Primakara sudah sangat siap dengan posisinya sebagai kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara. Kita lebih confidence untuk bekerja sama dengan pemerintah, salah satunya dengan pemerintah kabupaten Badung," ucap Made Artana disela-sela acara yang berlangsung semarak tersebut.
 
Made Artana mengungkapkan, Bupati Giri Prasta saat ini sangat konsen terhadap bidang IT dan pemberdayaan pemuda sehingga dirinya merasa macth dengan kondisi tersebut. Saat menyambut kedatangan Bupati Giri Prasta, pihaknya menampilkan berbagai platform digital yang bisa diterapkan di Kabupaten Badung.
 
"Salah satu platform digital tersebut yakni Si Made yang nantinya dapat membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung dalam program smart village," ungkapnya.
 
Dalam bidang ketenagakerjaan, lanjut Made Artana pihaknya juga menampilkan platform digital berupa Alih Gae. Selain itu, terdapat juga aplikasi BOS guna membantu petani dalam memutus rantai penjualan serta MediCall dalam bidang kesehatan.
 
"Dengan adanya berbagai inovasi ini STMIK Primakara siap bekerjasama dalam pembangunan smart city di Kabupaten Badung. Kedepan rasanya perlu di maping dan intinya kita siap membantu Pemerintahan Kabupaten Badung dan siap mensukseskan program-program Pak Bupati," jelas Made Artana.
 
Lebih jauh Made Artana menerangkan bahwa di tengah usianya yang baru berumur 6 tahun, STMIK Primakara telah mencapai berbagai prestasi. Berbagai prestasi tersebut diantaranya sudah mencapai akreditasi B dan berhasil menorehkan diri menjadi kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.
 
 
Made Artana mengaku tak cukup hanya sampai di sana saja. Kini setelah masuk di usai ke-6 tahun, pihaknya ingin fokus dari segi pembelajaran dan internasionalisasi. Untuk itu, pihaknya mendorong adanya dosen-dosen di STMIK Primakara untuk melanjutkan studi di luar negeri. 
 
"Sekarang adalah fokus di kualitas ya, di kualitas pembelajaran, terus kalau keluarnya adalah internasionalisasi. Serta memperbanyak kerja sama dengan pihak luar negeri, beberapa diantaranya dengan berbagai kampus di Australia dan Inggris," terangnya.
 
Sementara, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta yang dikenal "Bupati Bares" ini memuji berbagai inovasi STMIK Primakara sebagai Technopreneurship Campus dalam mencetak SDM atau talenta digital dan wirausaha berbasis teknologi digital (technopreneur).
 
"Kami apresiasi STMIK Primakara yang mampu siapkan SDM dengan skill digital. Kami butuh Primakara  bantu bangun Badung, Bali, Indonesia dan dunia," kata Giri Prasta saat menyampaikan Kuliah Umum dengan topik "Badung Smart City."
 
 
Giri Prasta menegaskan, teknologi saat ini dibutuhkan oleh dunia sehingga segala sesuatu selalu berkenaan dengan teknologi. Teknologi digunakan hampir pada seluruh aspek kehidupan, mulai dari pemerintahan, ekonomi, sistem pelayanannya, hingga lingkungan hidup. Dengan adanya teknologi ini menyebabkan pergerakan informasi di seluruh dunia menjadi lebih cepat.
 
"Karena bagi saya itu tidak ada yang kecil dikalahkan yang besar. Tidak ada yang besar mengalahkan yang kecil, yang ada sekarang itu yang lambat dikalahkan sama yang cepat," ujarnya.
 
Baginya, STIMIK Primakara sebagai kampus IT harus mempunyai kader-kader bangsa yang nantinya akan paham tentang teknologi. Sementara di Kabupaten Badung sendiri, pihaknya mengaku sedang melengkapi berbagai infrastruktur dalam menunjang smart city ini.
 
 
Infrastruktur yang dimaksud diantaranya seperti fiber optic, begitu pula dengan jaringan internetnya dengan harapan nantinya betul-betul bisa dimanfaatkan.
 
"Ini sebenarnya harus kita jawab dengan baik. Semua akan menggunakan teknologi sehingga ini kita kolaborasikan termasuk juga untuk kemasyarakatan, in livingnya, societynya juga," kata dia.
 
Selain mengisi kuliah umum, dalam kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta bersama dengan Ketua STMIK Primakara I Made Artana juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU). Giri Prasta menjelaskan, selama ini memang pihaknya telah melakukan kerja sama. 
 
"Salah satu contohnya, Kabupaten Badung sudah siap sekali ketika nemerima tamatan STMIK Primakara untuk bekerja di kabupaten Badung," ungkapnya.
 
Selain itu, dalam kerja sama ini ada take and give, yakni pihaknya ingin memajukan anak bangsa melalui keberadaan kampus STMIK Primakara ini. Hal itu dilaksanakan dengan membantu kebutuhan laboratorium dan kebutuhan lain yang ada STMIK Primakara.
 
"Kita akan berikan melalui hibah nanti kedepannya. Sehingga kami ingin bahwa sarana prasarana yang ada di kampus ini bisa lebih memadai. Ini adalah salah satu konsep yang kami lakukan (guna) menjawab tantangan dan peluang yang ada di kabupaten Badung, khususnya berkenaan dengan smart city kedepannya," ulasnya.
 
Sebelum mengisi kuliah umum, Bupati Giri Prasta juga berkesempatan melihat beberapa aplikasi yang diciptakan oleh mahasiswa STMIK Primakara. Kurang lebih ada sekitar empat aplikasi, salah satunya aplikasi Si Made yang dapat membantu pengembangan smart village.
 
"Salah satu contoh konten yang harus ada di smart village yaitu berkenaan dengan aplikasi. Aplikasi tersebut guna membantu pendataan seperti jumlah penduduk, dari komposisi laki-laki dan perempuan, jumlah usia dini, remaja dan tua," tegasnya mengakhiri.(BB).


Oleh : Baliberkarya.com | 28 September 2019 | Dibaca : 2697 Pengunjung


TAGS : pendidikan STIMIK Primakara badung baliberkarya




Berita Terkait :

Denpasar, 17 Oktober 2019 13:29
Wagub Cok Ace: Selamatkan Air Bali melalui Menjaga Lingkungan dan Lestarikan Alam
Baliberkarya.com-Denpasar. Dari potensi sumber air yang mencapai 7,55 miliar M3 /tahun yang beras ...
Denpasar, 16 Oktober 2019 16:30
Asyik Nyukur Rambut, Zulfi Tak Sadar Pelanggannya sudah jadi Mayat
Baliberkarya.com-Denpasar. Mendadak tempat potong rambut (barbershop) di Jalan Pidada I gempar, t ...
Denpasar, 16 Oktober 2019 10:53
'Diduga' Cemburu Istri Selingkuh, Motif Rudianto Nekat Tusuk Halimah
Baliberkarya.com-Denpasar. Diduga cemburu karena sang istri berselingkuh, seorang pria tega menik ...
Nasional, 16 Oktober 2019 09:32
Putusan Pengadilan, Bank CCB harus Serahkan Sertifikat PT GWP ke Fireworks
Baliberkarya.com-Nasional. Bank China Construction Bank Indonesia (CCB) dihukum untuk menyerahkan ...
Badung, 14 Oktober 2019 18:08
Kuasa Hukum : Penetapan DPO Handoko 'Aneh'
Baliberkarya.com-Badung. Pasca mempolisikan mantan istrinya Budiarti Santi (42), pengusaha asal B ...
Denpasar, 14 Oktober 2019 14:05
Sambangi Kota Denpasar, Walikota Tangerang Pelajari Penataan Pasar dan Sungai
Baliberkarya.com-Denpasar. Program penataan Pasar Tradisional dan Revitalisasi Sungai menjadikan ...
Jembrana, 14 Oktober 2019 08:27
Menguat, Pengusaha Rantauan Jembrana 'Bulat' Dukung Kembang Hartawan jadi Bupati
Baliberkarya.com-Jembrana. Pemilukada Jembrana sudah semakin dekat, dukungan untuk Kembang Hartaw ...
Denpasar, 13 Oktober 2019 14:15
Rai Mantra Jadi Pembicara di Indonesia Architectur Creative Forum Tahun 2019
Baliberkarya.com-Denpasar. Dikukuhkannya Denpasar sebagai Kota Kreatif Indonesia Tahun 2019 menja ...
Denpasar, 13 Oktober 2019 13:59
Mantap! Jaya Negara Letakkan Batu Pertama Revitalisasi Pasar Anyarsari
Baliberkarya.com-Denpasar. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar yang bersinergi Deng ...
Gianyar, 13 Oktober 2019 13:49
Inilah Daya Tarik Lemur yang Hanya Ada di Bali Zoo
Baliberkarya.com-Gianyar. Selain objek wisata alam, lokasi taman satwa kini jadi tempat favorit p ...


Berita Lainnya :

Denpasar, 17 Oktober 2019 13:29
Wagub Cok Ace: Selamatkan Air Bali melalui Menjaga Lingkungan dan Lestarikan Alam
Baliberkarya.com-Denpasar. Dari potensi sumber air yang mencapai 7,55 miliar M3 /tahun yang beras ...
Denpasar, 16 Oktober 2019 21:53
Iuran BPJS Akan Naik Hingga 2 Kali Lipat, Pemda Diminta perlu Antisipasi PBI Berlanjut
Baliberkarya.com-Denpasar. Rencana kenaikan besaran iuran BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari ...
Badung, 16 Oktober 2019 20:45
Sumber Air di Bali "Kritis", Tata Ruang Harus Pertimbangkan 'Sekala Niskala' demi Penyelamatan Air
Baliberkarya.com-Badung. Sumber air di Pulau Bali makin tahun makin kritis dan mengkawatirkan. Ha ...
Denpasar, 16 Oktober 2019 20:04
Wagub Cok Ace Paparkan Pengembangan Pariwisata Bali Pada Global Network Week UI
Baliberkarya.com-Denpasar. Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menjadi pembica ...
Jembrana, 16 Oktober 2019 19:38
Nekat ke Bali Tak Bawa Bekal, Puluhan Suporter Bola Dipulangkan Paksa
Baliberkarya.com-Jembrana. Sebanyak 29 orang suporter bola asal Jawa yang masuk ke Bali melalui P ...
Jembrana, 16 Oktober 2019 19:28
Arah Kadeee! Desa Bangun Jalan Rabat Beton Warga Protes karena Melewati Tanah Pribadi
Baliberkarya.com-Jembrana. Sejumlah warga Banjar Tibusambi, Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mend ...
Denpasar, 16 Oktober 2019 19:23
Bawa 1 Kg Sabu, Dua Warga Thailand ini Dihukum 16 Tahun
Baliberkarya.com-Denpasar. Selain hukuman pidana penjara selama 16 tahun, majelis hakim di PN Den ...
Denpasar, 16 Oktober 2019 19:17
Ny Putri Koster Harap Mitigasi Bencana Sudah Diajarkan Sejak Usia Dini
Baliberkarya.com-Denpasar.  Karena berada dalam wilayah Ring of Fire atau dikelilingi oleh g ...
Jembrana, 16 Oktober 2019 19:02
Ditelpon Menantu Berulang-Ulang Tak Nyambung, Dana Ditemukan Tewas Membusuk di Kamar
Baliberkarya.com-Jembrana. I Wayan Dana (69), warga lingkungan Samiana, Kelurahan Gilimanuk, Rabu ...
Denpasar, 16 Oktober 2019 16:30
Asyik Nyukur Rambut, Zulfi Tak Sadar Pelanggannya sudah jadi Mayat
Baliberkarya.com-Denpasar. Mendadak tempat potong rambut (barbershop) di Jalan Pidada I gempar, t ...

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 

filme porno porno porno gratis filme porno gratis https://xxnxx.info