Hak Jawab dan Koreksi Berita 'Cari Rujukan BPJS, Janin Meninggal dalam Kandungan Malah Disuruh Pulang'

Oleh : Baliberkarya.com | 04 September 2019 | Dibaca : 10619 Pengunjung

Hak Jawab dan Koreksi Berita 'Cari Rujukan BPJS, Janin Meninggal dalam Kandungan Malah Disuruh Pulang'

sumber foto :ilustrasi nett

Baliberkarya.com-Jembrana. Sehubungan dengan pemberitaan di baliberkarya.com sebagaimana tertulis dalam link berita berikut:    https://baliberkarya.com/index.php/read/2019/09/03/201909030003/Cari-Rujukan-BPJS-Janin-Meninggal-Dalam-Kandungan-Malah-Disuruh-Pulang.htm            
 
dapat kami klarifikasi bahwa terdapat kekeliruan pada konten berita tersebut.
 
Pertama, tidak benar bahwa RSU Negara menolak atau menelantarkan pasien atas nama Ni Komang Sutiani karena telah diterima di IGD dan diberikan pelayanan dan konfirmasi terkait kondisi pasien tersebut . RSU Negara dalam memberikan pelayanan selalu memberikan pelayanan selalu berdasarkan SOP dan mengikuti aturan terkait persyaratan pembiayaan BPJS. Pada saat itu pasien telah diperiksa dan dilayani dimana tidak ditemukan tanda-tanda kegawat daruratan sehingga diberikan KIE terkait kondisi pasien dan kemudian disarankan kontrol kembali kepoliklinik kebidanan besok pagi, tanggal 3 September 2019. Saat itu juga diinformasikan apabila sebelum esok hari ada keluhan tanda–tanda awal gawat darurat bisa datang langsung ke IGD RSU Negara.
 
Kedua, Poliklinik RSU Negara melayani pasien setiap hari kerja, hari Senin sampai Sabtu, mulai jam 7.30 – 13.45 wita. Jadi tidak benar bahwa pelayanan poliklinik tutup jam 11.00 wita seperti yang diberitakan.
 
Ketiga , direktur RSU Negara tidak ada menerima telpon dari media Bali Berkarya saat kejadian. Direktur hanya menerima laporan dari kejadiaan saat itu dari petugas jaga IGD RSU Negara dan menyarankan untuk menyiapkan klarifikasi terkait komplain , masyarakat dengan teman media esok harinya (Selasa , 3/9 – 2019). Pihak RSU Negara juga sudah melakukan klarifikasi hari Senin (3/9-2019)  dihadiri oleh empat media media, yakni Bali Express, Pos Bali, Radar Bali dan Kompas Dewata TV.
 
Keempat, RSU Negara mengajak masyarakat untuk sama-sama berbenah untuk pelayanan rumah sakit yang lebih baik kedepannya dan mengharapkan masyarakat lebih bijaksana dalam menyikapi ketidaknyamanan dalam pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit. RSU Negara selalu terbuka untuk masyarakat terkait kritik dan saran demi kemajuan rumah sakit kedepannya. RSU berupaya selalu menindaklanjuti setiap kritik dan saran yang ditujukan ke RSU Negara.
 
Kelima media baliberkarya, kami harapkan untuk lebih bijak lagi dalam pemberitaan dan diharapkan untuk selalu konfirmasi sehingga ada klarifikasi terhadap RSU Negara. Untuk itu, kami juga meminta redaksi Media Baliberkarya dapat mengoreksi dan mengklarifikasi sesuai dengan informasi sebagaimana tersebut diatas, dimana hal itu diatur dan dilindungi oleh Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers.
 
Atas perhatian dan kerja samanya diucapkan terima kasih.
 
 
Dirut RSU Negara
 
 
dr . I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata
 
 
KRONOLOGI PASIEN
 
A.N. “NKS” TGL 02-09-2019
 
Pasien datang ke IGD RSU Negara tgl 2-09-2019 sekitar pukul.10.00 WITA dengan membawa Surat pengantar dari dr.Rai Wiwa Negara,Sp.OG tertanggal 01-09-2019 dengan tujuan TS obgyn di Poli kebidanan RSU Negara dan diagnosa G3P2002 26-27 mgg T/ KJDR pro terminasi kehamilan.
 
Pasien ditanyakan oleh petugas apakah saat itu pasien ada keluhan seperti sakit perut hilang timbul, keluar air/darah dari jalan lahir atau apakah pasien mengalami demam dan jawaban pasien adalah tidak.
 
Oleh petugas yang berjaga pasien diarahkan ke poliklinik kebidanan,dan dijelaskan bila pasien ingin menggunakan hak BPJSnya pasien harus mencari surat rujukan dari faskes BPJS pertamanya (Puskesmas). Pasien menjawab sudah sempat ke Puskesmas tapi karena kartu BPJS tidak aktif jadi oleh petugas Puskesmas pasien disarankan langsung ke Poliklinik kebidanan cukup dengan membawa surat pengantar dari dr Rai tersebut.
 
Oleh petugas jaga IGD pasien dibantu untuk mengecek status kartu BPJSnya di pendaftaran IGD dengan harapan pasien bisa menggunakan BPJS JKN PBI karena pasien adalah penduduk Jembrana. Setelah di cek,status pasien adalah peserta BPJS mandiri tidak aktif karena menunggak premi sehingga tidak bisa menggunakan layanan peserta BPJS JKN PBI.
 
Oleh petugas, pasien dijelaskan kembali apabila ingin langsung mendapatkan pemeriksaan pasien bisa langsung mendaftar di poliklinik tetapi dengan layanan umum,dan bila pasien tetap ingin menggunakan layanan BPJSnya pasien disarankan untuk mengurus BPJSnya terlebih dahulu. Saat itu pasien dan keluarga memutuskan untuk tetap menggunakan BPJS dan mengurusnya terlebih dahulu.
 
Tanggal 02-09-2019 Pk.14.00WITA
 
Pasien datang kembali ke IGD RSU Negara dengan alasan Poliklinik sudah tutup,oleh petugas dilakukan pemeriksaan dengan keluhan tidak ada nyeri perut, tidak ada pengeluaran air atau darah dari jalan lahir dan tidak ada demam. Hasil pemeriksaan saat itu disimpulkan pasien dengan diagnosa G3P2002 UK 27 Minggu 0 hari Tunggal/KJDR (Kematian Janin Dalam Rahim), kondisi ibu dalam keadaan baik dan tidak ada kegawatdaruratan.
 
Oleh dokter dan petugas jaga pasien dan suami diberi penjelasan tentang kondisi dan hasil pemeriksaan serta rencana tindakan selanjutnya atas pasien yaitu perawatan via poliklinis besok (03-09-2019) untuk dilakukan tindakan terencana serta dijelaskan kembali bila pasien mengalami keluhan seperti nyeri perut hilang timbul, keluar air dan atau darah dari jalan lahir serta mengalami demam untuk segera memeriksakan dirinya ke IGD jam berapapun keluhan tersebut dirasakan. Pasien dan suami maklum serta mengerti atas penjelasan yang diberikan yang dibuktikan dengan menandatangani lyst pasien.
 
 
Tanggal 02-09-2019 Pukul 18.50 WITA
 
Pasien datang kembali dengan keluarga dan kebetulan disaksikan Kompas Dewata TV ( saudara Gede Ardika ) , keluarga yang datang saat itu tidak menemani pasien dan suami periksa saat pasien datang siang hari. Saat datang keluarga pasien marah dengan nada tinggi dan membentak petugas jaga serta dilakukan perekaman tanpa mau mendengar penjelasan dari petugas. Oleh petugas keluarga berkali-kali disarankan untuk masuk dan duduk terlebih dahulu untuk mendengarkan penjelasan langsung dari dokter tetapi keluarga tetap menolak, sementara pasien dan suami terlihat tenang dan diam. Setelah berselang beberapa lama keluarga akhirnya mau masuk dan duduk untuk diberi penjelasan oleh dokter. Akan tetapi keluarga tetap menolak penjelasan dokter dengan kata kasar. Selanjutnya pasien dan suami meminta maaf kepada dokter dan petugas jaga dan mengatakan akan menjelaskan perlahan kepada keluarga tentang penjelasan yang telah diberikan. kemudian sekitar pukul 19.20 WITA pasien dan keluarga pulang dari IGD RSU. (BB)


Oleh : Baliberkarya.com | 04 September 2019 | Dibaca : 10619 Pengunjung


TAGS : jembrana opini RSUD Negara baliberkarya




Berita Terkait :

Jembrana, 11 Desember 2019 11:10
Sedang Sakit Ditinggal Menginap Istri dan Anak, Gus Surya Tewas Membusuk
Baliberkarya.com-Jembrana. Warga BTN Jimbarwana, Lingkungan Sawe Rangsasa, Kelurahan Dauhwaru, Je ...
Jembrana, 10 Desember 2019 18:24
Unggah di Facebook Bantuan Bibit Babi Warga Telah Mati, Pihak Desa Bela Diri
Baliberkarya.com-Jembrana. Bantuan dari pemerintah Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Jembrana ber ...
Denpasar, 09 Desember 2019 22:06
Tiara Dewata dan Carefour Disidak Jelang Nataru
Baliberkarya.com-Denpasar. Guna memastikan produk makanan dan minuman yang beredar di masyarakat ...
Denpasar, 09 Desember 2019 21:47
Simpan hampir 8 kg Ganja, Erfin Diciduk Polisi. Begini Kronologisnya
Baliberkarya.com-Denpasar. Erfin (26) yang bekerja sebagai buruh harus berhenti lantaran harus me ...
Denpasar, 09 Desember 2019 19:39
Gigolo Pembunuh Yuni Dituntut 12 Tahun
Baliberkarya.com-Denpasar. Bagus Putu Wijaya alias Gustu (25) terdakwa yang menghabisi nyawa Ni P ...
Jembrana, 09 Desember 2019 16:49
Suryaningsih dan Bayi yang Lahir di Kapal Sehat, Masih Dirawat di Puskesmas Gilimanuk
Baliberkarya.com-Jembrana. Hingga saat ini bayi laki-laki yang terlahir di atas KMP Jambo IV kond ...
Jembrana, 09 Desember 2019 13:05
Dibantu ABK Suryaningsih Melahirkan di Atas Kapal, Begini Kondisi Bayinya
Baliberkarya.com-Jembrana. Pagi tadi cuaca di Selat Bali sangat baik dan sangat aman buat pelayar ...
Denpasar, 08 Desember 2019 22:02
Mahfud Sebut Banyak Praktik Industri Hukum, Togar Situmorang: Stop Praktik Tak Salah Dibuat Masalah‎, Orang Bersalah Diatur Agar Tak Bersalah
Baliberkarya.com-Denpasar. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud ...
Denpasar, 08 Desember 2019 20:05
Gelar Mukerda, Gapensi Bali Pelopor dan Mitra Pembangunan Infrastruktur Berkualitas
Baliberkarya.com-Denpasar. Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda), pada Minggu (8/12/2019) di Hotel As ...
Denpasar, 08 Desember 2019 19:54
Hindari HIV/AIDS, BI Bali dan GenBI Edukasi Generasi Muda Bijak Bersosial Media
Baliberkarya.com-Denpasar. Sebagai bentuk kepedulian bagi generasi muda Bali, Bank Indonesia (BI) ...


Berita Lainnya :

Badung, 11 Desember 2019 15:52
Kejari Badung Terima Penghargaan Zona Integritas Menuju IBK
Baliberkarya.com-Badung. Menteri Tjahjo Kumolo,  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi ...
Denpasar, 11 Desember 2019 15:46
Pimpin SP KPI Benoa, Nyoman Nirka Dinilai Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Pelaut Kapal Ikan
Baliberkarya.com-Denpasar. Sarana dan fasilitas untuk memanjakan serta meningkatkan kesejahteraan ...
Denpasar, 11 Desember 2019 11:20
Pertama di Indonesia! Bali Seamen’s Club Port of Benoa "Manjakan" Pelaut Sebagai Subyek Vital
Baliberkarya.com-Denpasar. Perjuangan panjang dengan penuh kesabaran dari Ketua Kesatuan Pelaut I ...
Jembrana, 11 Desember 2019 11:10
Sedang Sakit Ditinggal Menginap Istri dan Anak, Gus Surya Tewas Membusuk
Baliberkarya.com-Jembrana. Warga BTN Jimbarwana, Lingkungan Sawe Rangsasa, Kelurahan Dauhwaru, Je ...
Denpasar, 10 Desember 2019 21:14
Mendagri, Menkumham dan DPD RI Dukung RUU Provinsi Bali, Gubernur Koster Imbau Masyarakat Bali Bersatu
Baliberkarya.com-Denpasar. Sejak tahun 2005 lalu, berbagai komponen masyarakat menginginkan agar ...
Jembrana, 10 Desember 2019 18:24
Unggah di Facebook Bantuan Bibit Babi Warga Telah Mati, Pihak Desa Bela Diri
Baliberkarya.com-Jembrana. Bantuan dari pemerintah Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Jembrana ber ...
Denpasar, 10 Desember 2019 17:49
Saksi Notaris Lemahkan Bos Paradiso Soal Akta Otentik
Baliberkarya.com-Denpasar. Sidang kasus dugaan penipuan dan pemalsuan dokumen pada akta otentik d ...
Denpasar, 10 Desember 2019 16:12
Ny. Putri Koster Ajak Dukung Kesetaraan Difabel Mampu Mandiri dan sejahtera
Baliberkarya.com-Denpasar. Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster menegaskan, sejat ...
Bangli, 10 Desember 2019 16:05
Hadiri Hut DWP Ke-20, Sekda Apresiasi Eksistensi DWP Bangli
Baliberkarya.com-Bangli. Sebagai salah organisasi kemasyarakatan paling besar di Indonesia, Sekre ...
Denpasar, 10 Desember 2019 15:58
Peduli Lansia, Ny. Selly Mantra Serahkan Bantuan Kursi Roda
Baliberkarya.com-Denpasar. Menyusuri satu persatu kediaman para Lansia di Kecmatan Denpasar Selat ...

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 

filme porno porno porno gratis filme porno gratis https://xxnxx.info