Jadi Tuan Rumah Sebagai Ajang Promosi Pariwisata

Tabanan Sukses Laksanakan Asian Vovinam Championships 2018

Oleh : Baliberkarya.com | 06 November 2018 | Dibaca : 2263 Pengunjung

Tabanan Sukses Laksanakan Asian Vovinam Championships 2018

sumber foto :Ist

Baliberkarya.com-Tabanan. KONI Kabupaten Tabanan akhirnya sukses membuktikan kepercayaan Presiden Asia Vovinam Federation Mr. Mohammad Nouhi sebagai penyelenggara Kejuaraan Vovinam tingkat Asia ke 4 tahun 2018 –“The 4Th Asian Vovinam Championships 2018”. 

Terbukti kegiatan ini berjalan lancar dan mendapat dukungan dan apresiasi dari sejumlah pejabat seperti Gubernur Bali, Polda Bali, Bupati dan Wakil Bupati Tabanan, DPRD Bali, Dispora Bali, KONI Bali, DPRD Tabanan serta instansi dan pihak-pihak terkait lainnya.

BACA JUGA : Indonesia Tourism Outlook, Ramia Adnyana Ajak Pelaku Pariwisata 'Pede' Hadapi Perubahan

Ketua Panitia I Dewa Gede Ary Wirawan yang juga selaku ketua KONI Tabanan ini mengatakan, salah satu alasan dipercayanya Kabupaten Tabanan sebagai tuan rumah karena hampir 7 tahun terakhir atlet Vovinam asal Kabupaten Tabanan kerap mewakili Indonesia diberbagai ajang multievent tingkat Asia seperti; Kejuaraan Asia Indoor Games (2009), Kejuaraan Vovinam tingkat Asia Tenggara di Kamboja (2011), Sea Games Jakarta-Palembang (2011), Sea Games Myanmar (2013), 4Th Asian Beach Games di Da Nang Vietnam (2016) dan terakhir di turnamen Vovinam tingkat Asia Tenggara 5th Southeast Asian Vovinam Championships 2018 yang digelar pada tanggal  7 hingga 12 Agustus 2018 di kota Nayphitaw Myanmar, terangnya.

Lanjut Dewa Ary, olahraga Vovinam merupakan cabang olahraga beladiri yang menampilkan keindahan gerak berasal dari Negara Vietnam yang kini sebarannya sudah ada di 42 negara di 4 benua kecuali Afrika. Di Bali sendiri olahraga ini pertama kali diperkenalkan di Yayasan  Dwijendra  Denpasar dan ditampilkan pertama kali di Gor Lila Bhuana pada 15 Maret 2015.

Aktifnya komunikasi oleh Ketua KONI Tabanan, pengurus dan atlet Vovinam asal Tabanan merupakan salah satu alasan kuat mengapa Tabanan dipercaya sebagai tuan rumah The 4Th AVF Asian Vovinam Championships 2018. Sebelumnya kejuaraan yang sama pertama kali digelar di Vietnam, disusul yang kedua di Kamboja dan ketiga di India, pungkasnya.

Sementara Sekjen Federasi Vovinam Indonesia I Nyoman Yamadhiputra mengatakan ada beberapa nilai strategis yang bisa diambil sebagai tuan rumah antara lain sebagai role model penyelenggaraan dan role model prestasi olahraga tingkat dunia serta ajang promosi pariwisata dimana olahraga bisa menjadi destinasi pariwisata (sport tourism), sehingga kami bisa ikut mendukung upaya pemerintah Kabupaten Tabanan dan Bali dalam mempromosikan potensi pariwisata yang ada, terangnya.

BACA JUGA : Terungkap di Persidangan, Pembunuhan Bayi Kembar Bermotif Pacar 'Kabur'

Apa yang disampaikan oleh Yamadhiputra pun terbukti karena sejak awal rencana penyelenggaraan 4Th AVF Asian Vovinam Championships 2018 di Gor Debes Tabanan tanggl 2-7 Nopember 2018 mendapat sambutan dari Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya dan melalui Dinas Pariwisata Tabanan berkenan menyambut kedatangan seluruh kontingen serta melakukan penjamuan (Gala Dinner) di Surya Madala DTW Tanah Lot Jumat (3/11/2018).

Ket Foto : ist

Dari sisi penyelenggaraan Panitia pun bekerja keras menjadi tuan rumah yang baik dengan menampilkan venues yang bercorak khas Bali. Tempat penyelenggaraan Gor Debes Jl. Mawar, Gerokgak Tabanan pun di “sulap” sedemikian rupa sehingga menampilkan kesan berbeda dari penyelenggaraan kejuaraan serupa pada tahun-tahun sebelumnya.

Kejuaraan yang mengusung tema “Sport Tourism” ini pun mendapat apresiasi dari Gubernur Bali I Wayan Koster yang saat pembukaan di wakili oleh Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace),  juga sejumlah pejabat lainnya seperti Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama, Kapolda Bali yang diwakili oleh Wakapolda Brigjen Pol. I Wayan Sunartha, Kepala dinas terkait serta Presiden Asia Vovinam Federation Mr. Mohammad Nouhi, Secretary General World Vovinam Federation Mr. Bind Dinh, Secretary General Europe Vovinam Federation Mr. Thanh Nha, Presiden Shout Asia Vovinam Federation Mr. Visnu Sahal, Presiden Federasi Vovinam Indonesia yang diwakili oleh MS. Chandra Jaya dan sejumlah pengurus federasi vovinam lainnya.

Seluruh kontingen dari 16 negara  mulai berdatangan di Kota Tabanan pada tanggal 2 November 2018 dilanjutkan dengan Tehnical Meeting pada 3 Nopember 2018 dan pembukaan dilaksanakan pada Minggu 4 November 2018, pagi,  dilanjutkan dengan pertandingan dengan memperebutkan 38 medali emas. Dalam dua hari, Panitia memadatkan jadwal pertandingan hingga malam sehingga kejuaraan yang sedianya berakhir pada Selasa (6/11) bisa dirampungkan pada Senin (5/11) malam dan langsung dilakukan penutupan.

BACA JUGA : Pinjam Uang Miliaran Rupiah, Hj. Sumiati Dituntut 5 Bulan

Di sela-sela pertandingan Ketua Panitia I Dewa Gede Ary Wirawan menyampaikan, total kejuaraan diikuti oleh 113 atlet, 26 Official, 16 Referee dan 12 Tamu VIP atau total sebanyak 167 orang. Pertandingan berlangsung maraton hingga malam, dan diputuskan dituntaskan lebih awal dari jadwal semula karena banyak peserta ingin memanfaatkan hari terakhirnya di Tabanan, Bali untuk melakukan sejumlah pertemuan antar delegasi, kunjungan persahabatan dan juga melakukan perjalanan wisata kesejumlah obyek wisata utama yang ada di Tabanan seperti DTW Ulun Danu,  DTW Jatiluwih, DTW Tanah Lot dan Alas Kedaton, ujarnya.

"Kemarin (5/11/2018) seluruh turnamen berhasil di rampungkan pada pukul 18.00 Wita dan langsung dilakukan penutupan. Berhasil keluar sebagai juara umum pertama yaitu Vietnam mengantongi medali 13 emas, 11 perak, dan 1 perunggu," ucapnya.

Juara umum kedua diraih oleh Kamboja dengan 11 emas, 11 perak dan 10 perunggu. Juara umum ketiga direbut olah Myanmar dengan 3 emas, 2 perak dan 4 perunggu. Sedangkan tim Indonesia harus puas di urutan keempat dengan 2 emas, 5 perak dan 19 perunggu. Tim Indonesia yang meraih medali emas yaitu I Gusti Agung Ngurah Suardyana (kelas Long Ho Quyen Nam) dan Gusti Ayu Manik Trisna Dewi Wetan (Kelas Song dao pap).

Diakhir acara penutupan, Presiden Asia Vovinam Federation Mr. Mohammad Nouhi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan, Pemprov Bali, DPRD Bali, Polda Bali, Polres Tabanan dan seluruh pihak yang telah mendukung penyelenggaraan The 4Th AVF Asian Vovinam Championships 2018. “Sangat luar biasa, sukses dan nyaris tanpa cela”, ucap Mohammad Nouhi.

Ketua KONI Tabanan I Dewa Gede Ary Wirawan juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penyelengaraan kejuaraan tingkat Asia yang baru pertama kali di gelar di Bali ini. Menurut Ary Wirawan kegiatan ini mendapat dukungan yang luar biasa dari masyarakat Tabanan mulai dari Bupati Tabanan dan Wakil Bupati Tabanan, DPRD Tabanan, Organisasi Pemerintah Daerah terkait, Dinas Pariwisata, Kepolisian, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, PLN, PHRI Tabanan, Manajer DTW Tanah Lot, DWT Ulun Danu, DTW Jatiluwih, Pecalang Banjar Gerokgak Gede, adik adik Paskibraka, teman-teman media, mahasiswa dan siswa serta ratusan relawan yang berasal dari 3 Perguruan Tinggi, 2 SMA, Pengurus KONI, dan Perwakilan Cabor/ insan olahraga Tabanan. “Perguruan tinggi yang ikut menerjunkan relawannya antara lain; Stikes Advaita Tabanan, Undhira Denpasar, Fisip Margarana, juga yang sangat luar biasa Para Guru dan adik-adik siswa dari SMAN 1 Tabanan dan SMAN 2 Tabanan, terangnya. (BB)


Oleh : Baliberkarya.com | 06 November 2018 | Dibaca : 2263 Pengunjung


TAGS : Vovinam Asia KONI Tabanan Baliberkarya.com




Berita Terkait :

Klungkung, 09 November 2018 16:35
Cegah Sanksi Hukum Pungutan Desa, Artison Minta Forkompinda Bergerak
Baliberkarya.com- Klungkung. Pungutan di objek wisata baik itu karcis parkir atau pun karcis masu ...
Denpasar, 07 November 2018 08:47
Fokus Pada Kerja dan Prestasi, Abaikan Colek Pamor
Baliberkarya.com-Denpasar. Akhir akhir ini, masyarakat Bali dihebohkan dengan colek pamor, yang m ...
Denpasar, 06 November 2018 14:50
Dishub Denpasar Tindak Tegas Pelanggar Parkir di Jalan Gajah Mada
Baliberkarya.com-Denpasar. Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan Kota Denpasar, Satpol ...
Tabanan, 06 November 2018 12:32
Tabanan Sukses Laksanakan Asian Vovinam Championships 2018
Baliberkarya.com-Tabanan. KONI Kabupaten Tabanan akhirnya sukses membuktikan kepercayaan Presiden ...
Nasional, 08 Oktober 2018 22:02
Semoga Sukses! Pemkot Dukung Atlet Denpasar di Asian Para Games 2018
Baliberkarya.com-Nasional. Setelah sukses mengirimkam atlet hingga meraih medali pada gelaran Asi ...
Denpasar, 16 September 2018 21:51
Gubernur Koster Janji Usulkan Atlet Asian Para Games Berprestasi jadi 'ASN'
Baliberkarya.com-Denpasar. Sebagai bentuk dukungan Pemprov Bali bagi para atlet-atlet penyandang ...
Bangli, 05 September 2018 23:00
Diarak Keliling Bangli Bak Pahlawan, Atlit Silat Ganda Putri Asian Games 'Terharu'
Baliberkarya.com-Bangli. Atlet pencak silat ganda putri Bangli, Sang Ayu Sidan Wilantari dan Ni M ...
Nasional, 26 Agustus 2018 20:43
Sungguh Membanggakan! Dua Personil Polres Jembrana Juri Cabor Menembak di Asian Games
Baliberkarya.com-Jembrana. Sungguh membanggakan, dua personil Polres Jembrana ikut andil di perhe ...
Nasional, 19 Agustus 2018 21:32
Pemkot Dukung Atlet Denpasar Berlaga di Asian Games 2018
Baliberkarya.com-Nasional. Pemkot Denpasar melalui KONI Kota Denpasar kembali mengirimkan atlet t ...
Denpasar, 29 Juli 2018 21:10
Terbaring di Sanglah, Petinju Bali Masuk Pelatnas Asian 'Valen' Kangen Bapaknya
Baliberkarya.com-Denpasar. Petinju Bali yang juga petinju pelatnas Asian Games 2018 yakni Valenti ...


Berita Lainnya :

Denpasar, 18 November 2018 09:56
Brand GNW Semakin Populer di Bali
Baliberkarya.com-Denpasar. Usaha untuk memperkenalkan merek atau brand cukup membutuhkan ekstra k ...
Badung, 17 November 2018 21:27
Bersama STP, Desa Tibubeneng Kembangkan 'Pariwisata Berkelanjutan' Demi Kesejahteraan Masyarakat
Baliberkarya.com-Badung. BumDes Gentha Persada, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Badung bek ...
Badung, 17 November 2018 21:11
BumDes Gentha Persada dan Relawan TIK Bali Buat 'Aplikasi Informasi Pariwisata' Bak Traveloka
Baliberkarya.com-Badung. BumDes (Badan Usaha Milik Desa) Gentha Persada, Desa Tibubeneng, Kecamat ...
Denpasar, 17 November 2018 19:43
Selamat! Inilah Para Pemenang 'Adu Kreasi Arak Bali' Diajang 'Arak Bali Festival' Sanur
Baliberkarya.com-Denpasar. Pasca Gubernur Bali Wayan Koster melontarkan rancangan legalisasi arak ...
Denpasar, 17 November 2018 19:08
Sensasi Bali Tempo Dulu‎, Mulai Minggu Belanja Wajib Pakai "Uang Kepeng" di Peken Nusantara
Baliberkarya.com-Denpasar. Pulau Bali tak hanya pantainya tersohor, sesekali cobalah mampir ke de ...
Denpasar, 17 November 2018 17:19
Tepergok Hendak Merampok, 'Modus' Tukang Listrik Dua Pria Asal Jember Dibui
Baliberkarya.com-Denpasar. Polisi menangkap dua perampok dengan modus berpura-pura menjadi tukang ...
Jembrana, 17 November 2018 11:30
Dilarang Gunakan Sepeda Motor, Siswi SMP Ditemukan Gantung Diri
Baliberkarya.com-Jembrana. Seorang siswi kelas 2 SMP asal Banjar Mekar Sari, Desa Manist ...
Denpasar, 16 November 2018 23:59
Begini Alasan Ismaya Selama Ini Tak Melawan Perlakuan 'Tak Manusiawi' Aparat
Baliberkarya.com-Denpasar. Meski merasa diperlakukan tak manusiawi bak teroris dengan tangan dan ...
Denpasar, 16 November 2018 23:26
Dukung Gubernur Legalkan Arak Bali, Puluhan Bartender Adu Kreasi Diajang 'Arak Bali Festival'
Baliberkarya.com-Denpasar. Tak menunggu lama pasca Gubernur Bali Wayan Koster melontarkan rancang ...
Denpasar, 16 November 2018 21:26
Sanjung Jokowi, Ternyata Ini Alasan Ismaya Buat Video 'Perlakuan Tak Manusiawi' Aparat
Baliberkarya.com-Denpasar. Video pengakuan menghebohkan dari Sekjen Laskar Bali Ketut Putra Ismay ...

Lihat Arsip Berita Lainnya :