Tingkatkan Akurasi Data Peserta

Percepat Pendaftaran Peserta JKN-KIS, BPJS Kini Implementasi 'Card Reader' KTP-El

Oleh : baliberkarya | 05 Januari 2018 | Dibaca : 1918 Pengunjung

Percepat Pendaftaran Peserta JKN-KIS, BPJS Kini Implementasi 'Card Reader' KTP-El

sumber foto :Humas BPJS

Baliberkarya.com-Nasional. Mengawali tahun 2018, BPJS Kesehatan beserta Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengembangkan satu lagi inovasi baru guna mempermudah dan mempercepat proses layanan pendaftaran masyarakat yang akan mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, melalui pemanfaatan KTP Elektronik (KTP-El) pada card reader. 
 
Sebelumnya, sejak April 2013, BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam hal akses database kependudukan untuk proses validasi data calon peserta JKN-KIS. Upaya inovasi yang terus dikembangkan ini diharapkan dapat membawa JKN-KIS selangkah lebih dekat menuju cakupan kesehatan semesta yang ditargetkan terealisasi selambatnya 1 Januari 2019 mendatang.
 
"Melalui sinergi ini, BPJS Kesehatan akan memperoleh validitas data calon peserta JKN-KIS, dan juga dipergunakan untuk meng-update data peserta yang sudah terdaftar di data kepesertaan BPJS Kesehatan," jelas Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris saat mendampingi Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh melakukan kunjungan kerja ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan guna memantau langsung proses pendaftaran peserta JKN-KIS menggunakan card reader KTP-El, Jumat (05/01/2018).
 
Menurut Fachmi, pemanfaatan data kependudukan tersebut sangat penting dalam memudahkan proses registrasi peserta JKN-KIS. Bukan hanya itu, NIK dijadikan sebagai keyword data kepesertaan tunggal untuk mencegah terjadinya duplikasi data dalam proses pendaftaran peserta JKN-KIS. Dengan demikian, akurasi data peserta JKN-KIS pun lebih terjamin.
 
 
 
Card reader KTP-El digunakan untuk mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran peserta baru dan proses mutasi data peserta. Dalam hal pendaftaran, calon peserta JKN-KIS cukup meletakkan KTP-El ke mesin card reader dan menekankan jari telunjuk ke pemindai.
 
Setelah itu, data KTP-El di card reader akan langsung terkoneksi dengan aplikasi kepesertaan BPJS Kesehatan. Selanjutnya, petugas BPJS Kesehatan akan meminta konfirmasi data anggota keluarga dan memberitahukan Virtual Account calon peserta JKN-KIS tersebut.
 
Sementara dalam hal mutasi atau perubahan data, peserta JKN-KIS dapat melengkapi Formulir Daftar Isian Peserta (DIP), kemudian meletakkan KTP-El di mesin card reader dan menekankan jari telunjuk ke mesin pemindai. Data KTP-El pun akan langsung terkoneksi dengan aplikasi kepesertaan, sehingga petugas BPJS Kesehatan dapat melakukan proses mutasi data lebih singkat.
 
Penggunaan card reader KTP-El tersebut efektif berjalan sejak 21 Desember 2017 lalu. Sebagai pilot project, Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan telah menerima sebanyak 155 kunjungan masyarakat yang memanfaatkan card reader KTP-El untuk melakukan proses pendaftaran ataupun proses mutasi.
 
"Tahun 2018 mendatang, kami berupaya setiap Kantor Cabang mempunyai setidaknya satu card reader KTP-El. Harapannya, optimalisasi pendataan NIK tersebut memberikan dampak positif terhadap peningkatan akurasi data peserta JKN-KIS dan data kependudukan secara umum," jelas Fachmi.
 
 
 
Dalam kesempatan tersebut, BPJS Kesehatan juga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Adapun ruang lingkup kerja sama tersebut mencakup pemanfaatan atas Nomor Induk Kependudukan, data kependudukan, serta KTP-El.
 
Sampai dengan 31 Desember 2017, jumlah peserta JKN-KIS sudah mencapai 187.982.949 atau hampir mencapai 72,9% dari total penduduk Indonesia. Dalam hal memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan sudah bekerja sama dengan 21.763 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Puskesmas, Dokter Praktek Perorangan, Klinik Pratama, RS Kelas D dan Dokter Gigi), 2.292 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (Rumah Sakit dan Klinik Utama), serta 2.937 fasilitas kesehatan penunjang seperti Apotik dan Optik yang tersebar di seluruh Indonesia.(BB).
 
 


Oleh : baliberkarya | 05 Januari 2018 | Dibaca : 1918 Pengunjung


TAGS : berita, kesehatan, BPJS, JKN-KIS, baliberkarya




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Badung, 23 April 2018 22:05
Kedua Paslon Sempat Lobi, Partai Berkarya 'Komit Menangkan' Mantra-Kerta
Baliberkarya.com-Badung. DPW Partai Berkarya Provinsi Bali menggelar konsolidasi dan silaturahmi ...
Klungkung, 23 April 2018 21:31
Dekat Dengan Rakyat, Garda Pemuda NasDem Klungkung Gelar Pengobatan Gratis
Baliberkarya.com-Klungkung. DPD Garda Pemuda NasDem Klungkung Senin (23/4/2018) bertempat di ...
Jembrana, 23 April 2018 20:26
Lahir dari Kerinduan Rakyat, Kemenangan Mantra-Kerta 'Tak Bisa Dibendung'
Baliberkarya.com-Jembrana. Calon Gubernur Bali Nomor Urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, m ...
Jembrana, 23 April 2018 20:21
Mimih Ratu! Warga "Inguh" Diserang Lalat Kandang Ayam
Baliberkarya.com-Jembrana. Sejak sepekan belakangan ini warga Dusun Munduk Ranti, Desa Tukadaya, ...
Jembrana, 23 April 2018 20:15
Sentil Reklamasi Teluk Benoa, Koster Dinilai Arogan dan Remehkan Rakyat Bali
Baliberkarya.com-Denpasar. Budayawan Bali dan Pinisepuh Perguruan Sandhi Murti I Gusti Ngurah Har ...
Jembrana, 23 April 2018 20:10
Simakrama Sempat Ditekan, Bukti Mantra-Kerta 'Sangat Kuat' dan 'Ditakuti Kubu Lawan'
Baliberkarya.com-Jembrana. Calon Gubernur Bali Nomor Urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, m ...
Denpasar, 23 April 2018 17:38
Dibalut Wafer Tango, Kurir Narkoba Ini Bawa 2930 Butir Ekstasi ke Bali Diupah Rp5 Juta
Baliberkarya.com-Denpasar. Pasca ditangkap Direktorat Narkoba Kepolisian Polda Bali, kurir ekstas ...
Denpasar, 23 April 2018 17:09
Denpasar 'Godok' Dua Ranperda Pariwisata Budaya dan Retribusi Tera Ulang
Baliberkarya.com-Denpasar. Pembukaan Sidang Paripurna DPRD Kota Denpasar yang mengagendakan Lapor ...
Denpasar, 23 April 2018 16:51
400 Rejang Renteng Meriahkan Gebyar PAUD Kota Denpasar 2018
Baliberkarya.com-Denpasar. Puncak perayaan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Denpasar ...
Jembrana, 23 April 2018 16:37
Dibutuhkan Warga, Program Kerja Mantra-Kerta Dinilai 'Jauh Lebih Realistis'
Baliberkarya.com-Jembrana. Calon Gubernur Bali Nomor Urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, m ...

Lihat Arsip Berita Lainnya :